CARA LOLOS PERMAINAN ‘PERMEN MAUT’ PPOPGI ALA SQUID GAME

0
60

Halo kawan NextGener’s! Siapa yang tidak tahu serial original Netflix yang sedang booming akhir-akhir ini, yak Serial dari Korea Selatan berjudul “Squid Game.” Populer di berbagai belahan dunia, Netflix Series yang terdiri 9 episode di season perdananya menuai kesuksesan besar.

Series bertema survival ini menggambarkan orang-orang yang terlilit hutang yang parah dan mendapatkan tawaran ikut dalam sebuah permainan. Tak tanggung-tanggung 45,6 won atau setara 550 miliar rupiah dijanjikan diberikan kepada pemenang dari permainan ini. Namun pastinya, di balik hadiah yang menggiurkan ada nyawa yang dipertaruhkan.

Permainan Permen Maut

Di balik alur cerita yang menarik dan popularitas yang menjulang, apakah kamu sadar bahwa banyak kearifan lokal diangkat? Contohnya pada salah satu permainan, yakni mematahkan ppopgi atau permen dalgona dengan sebuah jarum sesuai dengan garis yang dicetak. Permainan ini juga menjadi terkenal, banyak orang di berbagai belahan dunia mencoba membuat permen dalgona dan mencoba permainan ini.

Lalu, bayangkan kamu berada pada Netflix series Squid Game ini, bagaimana caramu untuk bisa selamat dan melaju ke tahap berikutnya? Tahukah kamu bahwa pada permainan ini aplikasi ilmu pangan sangat berperan dalam keselamatan nyawamu! Percaya? Yuk simak penjelasan berikut!

Apa itu Permen Dalgona?

Permen dalgona. Courtesy of cdc.popmama.com

Permen Dalgona dibuat dengan menggunakan gula dan soda kue yang dipanaskan. Hasil campuran yang dipanaskan ini dituang ke dalam wadah lalu ditekan menggunakan cetakan yang memiliki pola. Pola inilah yang harus dipatahkan agar dapat lolos. Terlihat sederhana bukan cara pembuatannya? Namun, apakah kamu tahu dalam proses pembuatan permen dalgona ini melibatkan berbagai reaksi kimia yang mungkin kamu sudah tau!

Pertama, terjadi dekomposisi gula pasir atau sukrosa menjadi monosakarida sederhana yakni glukosa dan fruktosa. Dekomposisi molekul gula terus berlanjut pada suhu yang lebih tinggi. Pada suhu lebih dari 120℃ terjadi proses kimia yang disebut sebagai karamelisasi.

Proses inilah yang membuat permen ini berwarna kecoklatan. Lalu apa fungsi baking soda? Baking soda pada suhu yang tinggi akan menghasilkan karbon dioksida, yang mana gas ini membentuk rongga-rongga pada saat karamel mulai mengeras. Pengerasan dari karamel juga sering disebut sebagai kristalisasi.

Bagaimana Cara Berhasil di Tahap Permen Maut?

Biar tidak banyak membayangkan, mari kita ingat bagaimana pemeran utama Seung Gi Hoon melewati babak ini. Ada yang masih ingat? Gi Hoon menjilati permen dalgona sehingga menipis. Permen yang lebih tipis akan lebih mudah digores dan dipatahkan. Bahkan ia bisa melihat garis yang berbentuk payung di bawah sinar matahari. Ulahnya ini juga ditiru oleh pemain yang masih tersisa. 

Namun, bila disimak dengan lebih baik, Jang Deok Su yang merupakan pemeran antagonis menjilati jarum lalu menusuk-nusuknya ke permen dalgona, lalu sebenarnya ada apa dengan air liur kita? Air liur digunakan oleh Gi Hoon dan Deok Su untuk menyelesaikan misi ini. Hal ini karena senyawa yang terkandung pada air liur, yakni enzim alfa amilosa.

Air liur mengandung berbagai enzim pencernaan, salah satunya adalah alfa amilase. Enzim ini adalah jenis enzim yang mampu menghidrolisis atau memecah ikatan pada ikatan glikosidik. Ikatan inilah yang menyatukan molekul-molekul gula sehingga membentuk kristal. Karena permen dalgona berbahan dasar gula, maka tidak heran permen ini akan semakin tipis atau lebih rapuh ketika bereaksi dengan enzim amilase.

Tidak perlu jauh-jauh, proses ini juga terjadi saat kamu menikmati permen lollipop loh! Sekarang, kamu sudah tau penjelasan secara ilmiah mengenai cara selamat dari tahap permen maut atau ppopgi di serial Netflix Squid Game.

Gimana? Tertarik untuk mengungkapkan sains di balik aktivitas sehari-hari? Kamu dapat bergabung dengan kami di NextGen pada kolom STEM SPACE! Caranya kamu perlu buat akun di NextGen kemudian buat artikelmu dengan fitur create post. Kami tunggu karya-karya hebatmu! (Jus)