Business Mathematics STEM Prasetiya Mulya

0
718

Kita sepakat bahwa perubahan dan perkembangan teknologi sudah selalu menjadi sumbu dominan dalam evolusi peradaban. Kita telah menyaksikan bahwa tidak sedikit inovasi teknologi telah membantu memudahkan kehidupan manusia di berbagai bidang sementara inovasi teknologi berkelanjutan ini terus melaju lebih cepat dari sebelumnya. Hingga saat ini perkembangan teknologi ini seperti tidak ada habisnya seiring dengan transformasi masyarakat menuju peradaban masa depan. Namun semua itu tentu bermuara pada penguasaan terhadap Sains, Teknologi, Teknik, dan  Matematika. Bentuk penguasaan ini dapat kita lihat dari partisipasi institusi pendidikan dalam proyek nasional pemajuan bangsa.

Sebagai bentuk partisipasi tersebut Universitas Prasetiya Mulya telah bertransformasi menjadi sebuah universitas kolaborasi melalui diversifikasi ke bidang Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika. Hadirnya fakultas baru yang dinamakan School of Applied  STEM (Sciences, Technology, Engineering, Matthematics) merupakan salah satu perwujudan motivasi Universitas Prasetiya Mulya dalam menyambut tantangan masa depan untuk melakukan percepatan pemupukan modal manusia Indonesia sebagai produk kesehatan, numerasi, literasi, keahlian dan kewirausahaan. Prakarsa kolaboratif ini mensinergikan rumpun-rumpun ilmu sosial dengan STEM Terapan untuk memecahkan persoalan-persoalan besar kehidupan dan juga kemanusiaan. Kolaborasi ini juga dipadu dengan pelaku-pelaku dunia usaha, termasuk usaha kecil dan menengah. Ini merupakan salah satu perwujudan dari niat dasar Universitas Prasetiya Mulya untuk berpartisipasi dalam proyek nasional pemajuan bangsa Indonesia yang majemuk, cerdas, dan unggul melalui pemajuan dunia usaha.

Terjadinya demokratisasi ilmu pengetahuan, transformasi masyarakat yang menuju smart society yang ditandai dengan masyarakat smartphone, serta terobosan inovasi sains dan teknologi, mendorong Universitas Prasetiya Mulya melakukan sebuah pembaruan perguruan tinggi dengan menyelenggarakan beberapa Program Studi Sarjana Teknik, yaitu :

  • Business Mathematics
  • Computer and Automation Engineering
  • Energy Engineering
  • Enterprise Software Engineering
  • Food Business and Technology

Kelima Program Studi tersebut didesain agar lulusan STEM  Universitas Prasetiya Mulya dapat menerapkan sains dan teknologi untuk membangun bisnis rintisan berbasis teknologi inovatif atau menjadi profesional di bidangnya dengan karakter yang kuat dalam memajukan sains dan pelestarian pusaka kemanusiaan.

Salah satu bentuk nyata kolaborasi inovatif antara rumpun ilmu sosial dan STEM Terapan adalah dunia bisnis dan industri. Inovasi terhadap solusi atas permasalahan-permasalahan praktis yang muncul pada dinamika kolaborasi tersebut secara khusus telah menempatkan Matematika pada posisi krusial dalam penyedia kerangka logis yang koheren seperti mengidentifikasi permasalahan, membangun model matematika, melakukan analisis, simulasi, optimasi, serta prediksi. Hal lain yang membuat Matematika menjadi bagian tak terpisahkan dalam perkembangan bisnis dan industri  adalah keunggulan teknis dan penghematan biaya melalui pemodelan, analisis, dan komputasi yang efektif  dan efisien.

Sebagai bentuk terobosan baru dalam mengimbangi perkembangan ekonomi digital yang menuntut kepakaran dalam bidang komputasi, kemampuan analitikal dan wawasan bisnis yang kuat, serta pemecahan praktis masalah bisnis, industri, dan ekonomi yang kompleks, Program Studi Business Mathematics mengembangkan rancangan pada tiga kompetensi utama yaitu Matematika Aktuaria, Matematika Keuangan dan Matematika Industri. Ketiga kompetensi ini bertujuan menghasilkan lulusan yang tidak hanya menjadi seorang pebisnis atau entrepreneur dengan kemampuan analisis dan matematika yang kuat tetapi juga menjadi seorang profesional di perusahaan asuransi, bank, dan industri.

Selain itu tujuan dibukanya Program Studi Business Mathematics STEM Prasetiya Mulya adalah menjembatani kolaborasi inovatif antara matematika, sains, dan teknologi dengan masalah-masalah bisnis, ekonomi, dan industri.  Ini merupakan salah satu bentuk pemahaman bahwa Matematika merupakan kekuatan tanpa batas untuk solusi dan inovasi di banyak bidang  kehidupan. Program Studi Business Mathemaics STEM Prasetiya Mulya diharapkan mampu menjadi sebuah program studi yang mendidik sumber daya manusia yang berkualitas dan berkapasitas dalam mengembangkan, menguasai, dan memanfaatkan sains dan teknologi secara tepat guna sebagai bentuk peran serta dalam upaya pemajuan bangsa dan negara.

 

Ingin ngerasain serunya belajar Business Mathematics di STEM Prasetiya Mulya? Yuk, bergabung di http://prasetiyamulya.ac.id/admission/stem/