Bunga Besi Penghasil Listrik di Pantai

0
80

NextGeners apa suka pergi ke pantai? STEM-Z suka sekali ke pantai, apalagi bersama teman-teman akan semakin seru liburannya. Walau begitu NexGeners juga harus tetapi hati-hati kalau bermain di pantai, terdapat beberapa pantai yang memiliki ombak yang tinggi dan berbahaya. Tetapi ombak tinggi ini walau berbahaya memiliki manfaat lain loh, tim peneliti dari Okinawa Institute of Science and Technology (OIST) telah membuat turbin yang menghasilkan energi listrik hasil dari gelombang ombak laut di pantai.

Proyek dari turbin laut ini diprakasai oleh Professor Tsumoru Shintake dan proyek ini disebut dengan Sea Horse. Porfessor Shintake mendambakan masa depan yang bersih, yang terjangkau dan didukung oleh energi terbarukan. Profesor Shintake memilih bergerak ke arah laut sebagai sumber energi terbarukan. Proyek ini bertujuan untuk memanfaatkan energi dari arus samudra Kuroshio yang mengalir dari pantai timur Taiwan di sekitaran Jepang. Turbin ini dirancang untuk menyerap energi serta mengubahnya menjadi listrik.

Turbin yang berbentuk bunga ini  tidak hanya menghasilkan energi saja, tetapi melindungi pantai juga dari erosi. Desain dan bahan baling –baling  turbin ini terinspirasi dari sirip lumba-lumba, fleksibel dan mampu melepaskan tekanan tanpa mengalami kerusakan yang berisiko.  Sudut turbin ini dapat berputar hingga 360 derajat, yang mana dapat menerima deburan ombak dari arah mana saja. Sumbu dilekatkan pada generator listrik magnet permanen, yang merupakan bagian dari turbin yang mengubah energi gelombang laut menjadi listrik yang dapat digunakan. Segel mekanis keramik melindungi komponen listrik di dalam tubuh dari kebocoran air asin.

Professor Shintake megatakan, hanya dengan 1 persen instalasi di garis pantai Jepang setara dengan 10 gigawat yang setara degan 10 pembangkit listrik tenaga nuklir. Listrik yang dihasilkan dari gelombang laut ini termasuk energi terbarukan yang tidak mencemari lingkungan sekitarnya. “Saya membayangkan planet ini dua ratus tahun kemudian,” ungkap Professor Shintake, “saya berharap turbin ini akan bekerja keras dengan baik, di setiap pantai tempat mereka dipasang.”

Bagiamana NextGeners dengan inovasi yang dibuat oleh Professor Shintake dengan tim nya? Hebat kan, selain menghasilkan energi terbarukan yang ramah, turbin ini juga mencegah abrasi dan tidak membahayakan mahluk hidup di sekitarnya.

Apa NextGeners sudah ada rencana inovasi untuk menghasilkan energi terbarukan juga?Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Entrepreneurial Energy Engineering.

Sumber Referensi:

http://bobo.grid.id/Sains/Iptek/Turbin-Mirip-Bunga-Di-Pantai-Jepang#

https://www.sefsed.com/pembangkit-listrik-tenaga-ombak-di-jepang-punya-fungsi-lain-yang-brilian/

https://sainsterkini.com/energi-terbarukan-masa-depan/

Sumber Gambar:

(Gambar no.1) https://sainsterkini.com/

(Gambar no.2) https://www.sefsed.com/

(Featured Image) https://slashgear.com/