Buku Elektronik Braille untuk Tuna Netra

0
18

Teman NextGeners pasti sudah tahu mengenai huruf Braille? Sebelumnya STEM-Z juga sudah pernah membahas mengenai Telepon Genggam dengan keypad huruf Braille. Huruf Braille merupakan huruf yang dikembangkan oleh Louise Braille di abad ke-19, di mana huruf ini merupakan huruf yang dibuat bagi tuna netra. Tapi sebuah buku dengan huruf Braille memiliki ketebalan yang melebihi buku pada umumnya, hal ini kerap membuat mereka yang ingin membawa buku dengan huruf Braille membuatnya menjadi tidak nyaman.

Melihat permasalah tersebut, sebuah perusahaan Ingrris Bristol Braille Technology berencana merilis sebuah produk inovatif buku elektronik dengan huruf Braille. Dengan merilis Canute 360 “Kindle untuk Tunanetra”, kindle ini akan menjadi sebuah buku elektronik dengan multi garis pertama di dunia yang menampilkan 9 baris bacaan dalam satu waktu atau sektiar tiga halaman dari cetakan biasa.
Dengan menggunakan Kindle ini, untuk membaca setiap 360 karakter, hanya perlu untuk menekan tombol satu kali saja, karena biasanya dengan menekan tombol satu kali, hanya muncul 20 karakter saja. Selain itu, Kindle ini juga dapat memperbarui setiap baris dalam satu waktu dan dimulai dari atas. Teks apapun yang sudah diterjemahkan ke dalam huruf Braille, dapat diunduh ke Canute, ini membuat pengguna dapat memiliki banyak bahan bacaan.

Prototipe akhir dari Canute akan diproduksi secara massal pada akhir tahun ini, dengan harga kisaran seperti laptop berteknologi tinggi. “Berbagai inovasi yang dibuat oleh teknologi Braille menjadikan ini waktu yang menyenangkan bagi para pembaca braille,” kata Claire Maxwell, Pengembang Produk Senior untuk Braille di The Royal National Institute of Blind People (RNIB).

Bagaimana menurut NextGeners terkait informasi inovatif ini? STEM-Z berharap semoga NextGeners juga dapat membuat sebuah produk-produk Inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat. STEM-Z akan tunggu produk Inovatif NextGeners di bidang Computer Systems Engineering.

Sumber Referensi:
http://nationalgeographic.grid.id/
http://bobo.grid.id/
https://www.voaindonesia.com/

Sumber Gambar:

http://www.twipu.com/