Brainbow! Makanan ini dapat mengembalikan Good Mood mu

1
92

NextGeners ketika mengalami bad mood dan ketika ingin makan atau minum pasti banyak yang memilih makanan manis-manis. Seperti mengkonsumsi cokelat, ice cream, dan makanan manis lainnya, walau memang makanan-makanan tersebut dapat membuat suasana hati kita membaik, namun di satu sisi, bila NextGeners sering mengkonsumsinya malah menjadi tidak baik, seperti obesitas dan diabetes.

Seperti yang dikatakan oleh Leslie Korn dilansir dari nationalgeographic.co.id “Saya memikirkan tubuh kita dari beberapa sisi, sama layaknya mesin mobil, kita perlu memberikan bahan bakar yang tepat, dan masing-masing memiliki kebutuhan akan kombinasi protein, karbohidrat dan lemak tertentu.”

Leslie Korn merupakan seorang terapis, Korn telah merawat orang-orang yang menderita trauma dan depresi selama lebih dari 40 tahun, dia memperhatikan bahwa ternyata ketika pasiennya mengubah makanan mereka dan mulai mengonsumsi makanan seperti coklat hitam (dark chocolate), ubi jalar, telur dan ceri, mereka lebih berhasil mengatasi depresi dan mengurangi rasa sakit yang mereka rasakan. Dari pengalaman tersebut Korn membuat buku yang berjudul The Good Mood Kitchen.

Bagaimanakah cara yang dilakukan oleh Korn ketika kita sedang mengalami stres/bad mood agar dapat mengembalikan mood kita menjadi lebih baik dengan cara yang sehat? Ada sebuah diet yang sedang banyak diperbincangkan karena memiliki efek yang tidak hanya membuat tubuh lebih sehat, namun juga bisa mempengaruhi pikiran dan membuat suasana hati menjadi terasa baik. Diet tersebut dikenal dengan Brainbow.

Brainbow adalah gabungan dari kata ‘brain’ yang berarti otak dan ‘rainbow’ yang berarti pelangi. Hal ini dikarenakan makanan untuk diet ini memiliki warna yang beragam layaknya pelangi, makanan ini juga baik untuk kesehatan otak yang ada hubungannya untuk mempengaruhi suasana hati. Warna-warna makanan ini juga memiliki nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Sebagai contoh makanan berwarna kuning yang mewakili kandungan vitamin A, hijau untuk pencernaan, dan sebagainya.

Contoh daftar makanan Brainbow mencakup:

Makanan Merah

kubis merah                lobak

semangka

Makanan oranye

wortel                            ubi jalar

jeruk                                   labu

Makanan Kuning

lemon                                  pisang

Makanan Hijau

kale

Makanan putih

bawang putih        bawang merah

kacang-kacangan

Setiap negara menurut Korn punya makanan tertentu yang meningkatkan kesehatan mental, seperti asinan kubis segar dari Eropa Timur, Kimchi dari Korea, dan Sup Miso dari Jepang. Korn juga mengatakan kalau probiotik itu penting dalam mengobati depresi dan megangkat mood kita, dan menyebutnya dengan Psikobiotik. Probiotik ini dapat ditemukan di yogurt dan makanan fermentasi lainnya.

Korn mengatakan “karena mood mengikuti makanan, kita harus memperbaiki pencernaan kita untuk memperbaiki kesehatan mental kita, dan karena stres dan hiperaktif memperlambat enzim yang dilepaskan tubuh kita untuk mecerna makanan. Setelah anda menyiapkan sajian yang dirancang untuk meningkatkan keseimbangan emosional anda, penting untuk melambat, menarik beberapa napas dalam-dalam, bersantai dan menikmati makanan.

Apakah NextGeners ingin mencoba pola makan Brainbow ini bila sedang mengalami mood yang tidak baik atau mungkin juga NextGeners punya ide inovatif yang bisa diterapkan dari Brainbow ini? kalau iya kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Food Business Technology.

Sumber Referensi:

https://www.voanews.com/a/good-mood-kitchen/4082733.html

http://sajiansedap.grid.id/index.php/Info/Mari-Berkenalan-Dengan-Diet-Brainbow-Diet-Yang-Bisa-Memperbaiki-Suasana-Hati?page=all

http://nationalgeographic.co.id/berita/2017/10/kembalikan-suasana-hati-dengan-makanan-brainbow

Sumber Gambar:

Google

https://indiancountrymedianetwork .com

1 COMMENT