Bootcamp Data Science: Liburan Produktif Ala Mahasiswa CSE

0
113
Dokumentasi Mentoring Mahasiswa CSE dengan Mentor Expert

Halo Sobat Nextgener’s, biasanya kalau liburan kamu ngapain aja sih? Mungkin kebanyakan dari kamu memanfaatkan liburan untuk bersenang-senang seperti travelling dan balik ke kampung halaman. Atau jangan-jangan kamu hanya tiduran di kasur dan tidak sedang melakukan apa-apa? Wah, rugi banget kalau kamu gak memanfaatkan liburan kamu dengan sesuatu yang bermanfaat. Namun jangan khawatir, cerita tiga mahasiswa Computer System Engineering (CSE) ini pasti bakal memberikan kamu dorongan untuk melakukan kegiatan produktif selama liburan. Yuk, kita simak ceritanya!

Pada bulan Agustus 2022, tiga mahasiswa CSE mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Compfest Universitas Indonesia. Kegiatan Data Science Academy (DSA) tersebut diikuti oleh banyak peserta dari berbagai Universitas. Tiga di antaranya adalah mahasiswa CSE STEM Prasmul, yakni, Ardiansyah, Farhan, dan Adi. DSA merupakan kegiatan rutin tahunan dan pada tahun ini dilaksanakan secara daring (online).

Kegiatan DSA merupakan rangkaian acara COMPFEST ke-14 yang dibuat untuk mengantarkan pengetahuan dan data science yang berperan penting dalam perancangan strategi bisnis. Rangkaian acara tersebut terdiri dari tiga camp, di mana pada setiap camp peserta mendapatkan materi dari pembicara dan mentor yang berpengalaman dalam bidang data science. Selain itu, peserta juga mengikuti kegiatan mentoring dan mengerjakan case study yang diberikan pada akhir camp pertama dan kedua. Dan pada akhir camp ketiga, peserta melakukan presentasi final project yang telah diberikan pada camp kedua.

Tim HESA, yang merupakan tim dari Ardiansyah dkk, telah berhasil menyelesaikan kegiatan tersebut dengan usaha yang maksimal. Mulai dari tahap pendaftaran, wawancara, hingga pengumpulan tugas penyeleksian dikerjakan dengan penuh semangat dan ambisi. “Kegiatan ini seru banget, banyak hal baru yang aku temukan disini. Ngoding pakai python, eksplorasi data, bahkan memperoleh insight dari data yang kita miliki” ujar Farhan setelah menyelesaikan rangkaian kegiatan tersebut. 

Puncak dari kegiatan DSA ini adalah Graduation Night, dimana para peserta akan mendapatkan penghargaan berupa sertifikat atas pencapaiannya dalam menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan. Selain itu, akan ada pengumuman final project terbaik yang dilaksanakan pada bulan September ini.
Jadi bagaimana guys? Menarik banget bukan? Tidak hanya memanfaatkan liburan dengan menggali ilmu, kita juga dapat memperluas relasi dengan orang-orang yang baru saja kita kenal. So, tunggu apa lagi? Mulai sekarang, yuk rencanakan kegiatan produktif yang akan kamu lakukan ketika liburan tiba nanti! Kepoin terus cerita-cerita menarik dari mahasiswa STEM Prasmul agar kamu tidak ketinggalan. See u.