Bersepeda di Atas Air

0
152

NextGeners yang suka dengan anime dan manga One Piece pasti kenal dengan sosok yang pernah menjadi admiral dan memiliki kekuatan es, Aokiji. Dalam cerita fiksi tersebut sering terlihat sosok Aokiji tersebut mengendarai sepeda di atas air, dan pergi kemanapun dengan sepedanya di atas laut dengan cara mengubah jalur air yang dilaluinya menjadi es. Melihat sosok aokiji yang dapat bersepeda di atas laut terlihat sangat seru dan menyenangkan, tetapi sayang itu semua hanya ada di sebuah cerita fiksi belaka.

Sebuah perusahaan asal New Zealand menciptakan sesuatu hal seperti yang ada di dalam cerita fiksi tersebut dan mewujudkannya menjadi nyata, Manta5 Hydrofoil bicycle, yaitu sebuah sepeda yang dapat digunakan di atas air. Sebuah ide inovasi yang dipikirkan oleh Guy Howard-Wilis pada tahun 2010 mengenai sepeda yang bisa naik di atas air. Kemudian dia berkolaborasi dengan perancang sepeda bernama Roland Alonso. Kemudian setelah tujuh tahun, sepeda hydrofoil bertenaga listrik tersebut akhirnya bisa muncul.

Pada kemunculan awal, Manta5 terlihat seperti sepeda statis dan jetski air. Seluruh gadget memiliki bingkai alumunium dan memiliki berat sekitar 20KG (44 lbs), dan sebagian dapat dibongkar sehingga sepeda Manta5 tersebut dapat dimasukkan dibagian belakang mobil. Sepeda Manta5 ini dirancang untuk pengendara dengan berat antara 70 dan 100kg (154 dan 220lbs), dan dapat digunakan di air tawar maupun air laut. Howard-Wilis mengakui bahwa saat menggunakan Manta5 perlu sedikit belajar, tetapi pengguna sepeda tersebut tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Manta5 memiliki modul daya apung yang memungkinkan tetap tegak, bahkan jika pengguna memutuskan untuk turun dan bangkit saat berada di tengah danau.

Manta5 juga dilengkapi dengan dua hidrofil serat karbon yang menyediakan daya angkat dan motor 400 watt yang meningkatkan daya pedal pengendara untuk memutar baling-baling. Sama seperti dengan sepeda listrik, kalian bisa menyesuaikan jumlah bantuan dorongan saat menaikinya, tergantung seberapa keras kita ingin berolahraga dengan itu. Prototipe yang ada bisa mencapai kecepatan tertinggi 15 sampai 20 km/jam (9 sampai 12 mph). Selain itu, manfaat dari desain modular memungkinkan perakitan dan transportasi yang cepat.

“Mengembangkan sepeda hydrofoil telah menjadi perjalanan yang menyenangkan namun menantang, membutuhkan kemampuan teknis untuk mengatasi tantangan desain”  jelas Howard-Willis, direktur pendiri manta5. “Kami memiliki begitu banyak orang yang mengatakan kepada kami bahwa apa yang ingin kami capai tidak dapat dilakukan. Saya suka bekerja dengan tim desain yang mendefinisikan ulang apa yang mungkin – selalu menyenangkan ketika melihat reaksi orang-orang saat kami menunjukkan video tentang apa yang telah kami raih”

Seru ya NextGeners dengan adanya desain sepeda air seperti ini, siapa sangka yang dulu dianggap mustahil tetapi Guy Howard-Wilis berhasil mewujudkan mimpinya bersama rekan tim nya, alhasil semua yang dilakukannya dapat dinikmati oleh banyak masyarakat.

Apa NextGeners juga punya ide inovasi seperti yang dimiliki oleh Guy Howard-Wilis?

Kalau ada Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Product Design Engineering

 

Sumber Referensi:

https://www.designboom.com/technology/pedal-electric-manta5-hydrofoil-bike-10-20-2017/

http://geekologie.com/2017/10/a-pedal-electric-hydrofoil-bike-you-can.php

https://www.welovecycling.com/wide/2017/11/08/manta5-worlds-first-aquatic-e-bicycle/

Sumber Gambar:

https://manta5.com/