Berkenalan sejenak dengan Simple Additive Weighting.

0
31

Pernahkah NextGeners mendengan sistem pendukung keputusan? Sebelumnya STEM-Z memang sudah pernah membahas mengenai salah satu metodenya yang cukup banyak dikenal dalam sistem pendukung keputusan, yaitu metode AHP. Kali ini STEM-Z akan kembali memperkenalkan NextGeners dengan salah satu metode lainnya dalam sistem pendukung keputusan, yaitu metode SAW yang merupakan kepanjangan dari Simple Additive Weighting.

Metode SAW merupakan salah satu cara perhitungan penjumlahan berbobot. Konsep dari metode SAW ini pada intinya adalah mencari penjumlahan terbobot yang didapat dari rating kinerja pada setiap alternatif di semua atribut. Dalam metode SWA, rating atau nilai tiap atribut haruslah sudah melewati proses normalisasi sebelumnya. Normalisasi metrik keputusan (X) ke suatu skala yang nantinya bisa dilakkan proses perbandingan pada semua nilai alternatif yang ada.

Formula untuk melakukan normaliasai tersebut adalah sebagai berikut:

rij = nilai rating kinerja ternormalisasi
xij = nilai atribut yang dimiliki dari setiap kriteria
Max xij = nilai terbesar dari setiap kriteria ᵢ
Min xij = nilai terkecil dari setiap kriteria ᵢ
benefit = jika nilai terbesar adalah terbaik
cost = jika nilai terkecil adalah terbaik dimana rij adalah rating kinerja ternormalisasi dari alternatif Ai pada atribut Cj; i=1,2,…,m dan j=1,2,…,n.

Nilai preferensi untuk setiap alternatif (Vi) diberikan sebagai:


Keterangan :
Vi = rangking untuk setiap alternatif
wj = nilai bobot dari setiap kriteria
rij = nilai rating kinerja ternormalisasi
Nilai Vi yang lebih besar mengindikasikan bahwa
alternatif Ai lebih terpilih.

Jika sekarang NextGeners sudah mengenal metode SAW ini apa sih kelebihannya dibandingkan metode pengambilan keputusan yang lain? Menurut Kusumadewi, Harjoko dan Wardoyo mengungkapkan kelebihan dari metode SAW terletak pada kemampuannya untuk melakukan penilaian secara lebih tepat karena didasarkan pada nilai kriteria dan bobot preferensi yang sudah ditentukan, selain itu SAW juga dapat menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif yang ada akrena adanya proses perangkingan setelah menentukan bobot untuk setiap atribut.

Metode SAW sangat banyak memiliki kegunaan dalam implementasi di kehidupan masyarakat seperti melakukan penilaian suatu karyawan di perusahaan, pemilihan siswa berprestasi, rekomendasi pencari kerja terbaik, dsb.

Metode SAW merupakan salah satu metode model matematis yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan. Apakah NextGeners ingin mempelajari lebih dalam mengenai metode SAW ataupun mempelajari metode-motode pengambilan keputusan lainnya dan menghasilkan karya inovatif dari metode tersebut? jika iya, maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Business Mathematics.

Sumber Referensi:

http://www.temukanpengertian.com/2014/12/pengertian-metode-saw.html

http://www.landasanteori.com/2015/10/metode-simple-additive-weighting-saw.html

https://lamandala.net/pengertian-metode-saw-simple-additive-weighting/

Sumber Gambar:

https://elcomercio.pe/