Benarkah Android P akan Menjadi Keyboard dan Mouse Komputer?

0
48

Kemampuan sistem operasi Andorid terus berlanjut setelah produk terakhirnya adalah Android Oreo, maka yang berikutnya adalah Android P. Android selalu memberikan namanya secara abjad dan menggunakan nama-nama makanan. Android P ini masih belum diketahui menggunakan nama makanan apa, namun ada kabar yang menarik loh NextGeners, jika nantinya ponsel yang menggunakan sistem operasi Android P ini dapat digunakan menjadi keyboard maupun mouse untuk komputer.

Sebelumya fitur yang mengubah ponsel Android digunakan menjadi keyboard ataupun mouse sudah disematkan sejak tahun 2016, namun karena alasan apa kemampuan teknologi tersebut tidak pernah dinyalakan. Di Android Oreo status fungsi wireless tersebut kembali aktif.

Para programmer di XDA Developer (komunitas pengembangan aplikasi perangkat lunak khususnya membahas mengenai Android) telah mencari tahu berbagai kode apa saja yang akan ditanam pada Android P tersebut. Diketahui jika Google telah menyematkan dukungan Bluetooth HID (Human Interface Device) pada Android P tersebut. Artinya para pengguna OS tersebut bakal bisa membuat perangkatnya menjadi mouse ataupun keyboard nirkabel via Bluetooth untuk komputer desktop. Fitur HID sudah diperkenalkan pada tahun 2014, ketika saat anggota forum Qualcomm CodeAurora menampilkan patch untuk Bluetooth HID.

Sebelumnya para pengguna Android bisa memakai perangkat sebagai mouse atau keyboard, namun terlebih dahulu harus melalui proses rooting pada Android nya, kemudian mengunduh aplikasi bernama Bluetooth Plus, dan proses terakhir kalian harus mengunduh kembali aplikasi mouse atau keyboard untuk menggunakan sebagai alat input komputer, namun cara tersebut kurang efisien, sedangkan jika pada Android P nanti pengguna tidak perlu melakukan proses rooting pada Android nya.

(pada Android sebelumnya harus melakukan rooting dan mengunduh beberapa aplikasi)

Dengan adanya kemampuan fitur tersebut pada Android P, pengguna gadget Android tidak perlu repor-repot lagi menggunakan mouse, karena hanya dengan menggunakan ponselnya, orang yang akan melakukan presentasi hanya tinggal mengklik ponselnya.

Perangkat yang berkemampuan Bluetooth dapat menawarkan sebuah dukungan yang disebut “Bluetooth Profile”. NextGeners pasti sudah familiar dengan beberapa Bluetooth Profile yang sudah umum, seperti Bluetooth profile Hands-Free Profile (HFP) dan profil Advanced Audio Distribution Profile (A2DP), yang biasanya digunakan untuk panggilan suara dan streaming musik. Menerapkan fitur HID memungkinkan perangkat input seperti mouse, keyboard, joystick dan lainnya dapat bekerja dan menjadikan produk yang inovatif.

Untuk saat ini kita masih menunggu munculnya Android P secara resmi, untuk mengetahui jika nantinya akan disematkan fitur tersebut pada ponsel. Apakah NextGeners juga tertarik dengan bidang komputer dan gadget? Jika iya maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Computer Systems Engineering.

Sumber Referensi:

https://tekno.kompas.com/read/2018/03/08/09420037/ponsel-android-bakal-jadi-mouse-dan-keyboard-komputer-

https://www.techradar.com/news/android-p-will-let-you-use-your-smartphone-as-a-wireless-mouse-or-keyboard

https://www.xda-developers.com/android-p-bluetooth-keyboard-mouse/

Sumber Gambar:

https://www.google.com

www.xda-developers.com