Bakteri Penyebab Obesitas

0
390

Obesitas adalah suatu kondisi terjadinya penumpukan lemak berlebih sehingga membuat berat badan berada di luar batas ideal. Obesitas seringkali disamakan dengan overweight namun sebetulnya dua istilah tersebut berbeda. Jika dilihat dari BMI (Body Mass Index), seseorang dikatakan obesitas bila BMI mencapai >30, sedangkan overweight 25-29. Obesitas dapat sangat berbahaya karena menimbulkan berbagai komplikasi yang dapat menimbulkan kematian, diantaranya stroke, jantung koroner, diabetes tipe 2, kanker usus, kanker payudara, dan masih banyak lagi.

Banyak orang beranggapan bahwa obesitas terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara asupan makanan dengan aktivitas harian tubuh. Padahal meskipun asupan makanan dikurangi dan aktivitas harian ditingkatkan, prevalensi obesitas akan tetap meningkat secara eksponensial. Lantas apa yang menyebabkan hal itu terjadi? seorang peneliti bernama Ruth E. Ley dari Univesitas Colorado pada tahun 2005 menemukan fakta bahwa bakteri usus (gut microbiota) juga merupakan penyebab  obesitas. Ia dan timnya mengamati populasi bakteri pada usus mencit yang mengalami obesitas dan mencit ramping (non-obesitas). Hasilnya menunjukkan bahwa mencit obesitas memiliki jumlah bakteri dengan jenis Firmicutes lebih tinggi dibandingkan Bacteroides, sedangkan pada mencit non-obesitas ditemukan jumlah Firmicutes dan Bacteroides yang sama besar. Pada tahun 2016, Ley mencoba pengamatannya pada manusia. Ia memeriksa bakteri usus pada 12 responden manusia dewasa yang mengalami obesitas dengan pemberian diet karbohidrat terbatas dan lemak terbatas. Hasilnya menunjukkan bahwa responden obesitas juga memiliki jumlah Firmicutes yang lebih tinggi dibandingkan Bacteroides. Namun setelah dilakukan program diet, terjadi penambahan jumlah Bacteroides yang awalnya hanya 3% menjadi 15%.

Mengapa Firmicutes ditemukan lebih banyak pada individu obesitas? Asupan makanan yang mengandung lemak tinggi merupakan penyebab Firmicutes hidup “nyaman” di usus. Firmicutes menggunakan makanan lemak tinggi (high-fat diet) untuk meningkatkan lipopolisakarida (LPS) pada plasma darah sehingga dapat mengarahkan individu pada obesitas. Selain itu, Firmicutes menyebabkan aktivitas enzim Lpl (lipoprotein lipase) meningkat. Lpl adalah enzim yang dapat meningkatkan penyerapan dan penyimpanan lemak di dalam tubuh.

obesitasImage source: https://microbewiki.kenyon.edu/index.php/Gut_Microbiota_and_Obesity

Bagaimana mengendalikan hidup “Firmicutes” di usus? If you want to be firm and cute, you have to lowering Firmicutes. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah Firmicutes menjadi lemah dengan cara banyak mengonsumsi makanan tinggi serat dan menghindari makanan tinggi lemak. Firmicutes akan melemah karena kehilangan sumber energinya berupa makanan tinggi lemak.
  2. Hindari makanan tinggi gula dan makanan instan. Firmicutes sangat suka hidup di lingkungan yang kaya dengan gula-gula. Jangan keliru juga, mengonsumsi minuman fermentasi sebetulnya bagus untuk melawan Firmicutes, tetapi jika minuman tersebut mengandung gula yang berlebih usaha tersebut akan sia-sia.
  3. Banyak mengonsumsi kacang-kacangan karena dapat meningkatkan populasi Bacteroides.
  4. Makan dan tidur secara teratur. Bakteri usus memiliki ritme “kerja” dan “istirahat” mengikuti host nya sehingga jika kita tidak makan dan tidur secara teratur maka akan megubah hidup ritme bakteri tersebut.

Food Technologist sangat dibutuhkan peranannya untuk mengendalikan obesitas. Setelah mengetahui fakta bahwa bakteri dapat menyebabkan obesitas, seorang food technologist selazimnya mengetahui produk pangan seperti apa yang dibutuhkan oleh penderita obesitas atau produk pangan seperti apa supaya konsumen terhindar dari obesitas. Hal ini merupakan tantangan besar bagi seorang food technologist untuk menciptakan produk-produk pangan yang ramah terhadap obesitas, dan membuat produk pangan yang baik tetapi tetap disukai oleh konsumen.

 

Sumber:

Ley, R.E, Bäckhed, F, Turnbaugh, P, Lozupone, C.A, Knight, R.D, Gordon, J.I. 2005. Obesity alters gut microbial ecology. Proceeding of the National Academy of Sciences of the United States of America, Vol 102, No.31

https://microbewiki.kenyon.edu/index.php/Gut_Microbiota_and_Obesity

http://www.huffingtonpost.com/alan-christianson/four-way-to-get-firm-and-_b_6344320.html