Bakteri dan Sumber Daya Listrik

0
8

Siapa diantara kalian yang tidak kenal dengan bakteri, kelompok organisme yang tidak memiliki membaran ini sel ini banyak di jumpai di berbagai tempat, termasuk dalam usus kita. namun walau mereka tinggal dan hidup di dalam lingkungan rendah oksigen, para bakteri bekerja keras menghasilkan listrik untuk bertahan hidup.

Pencipta listrik kecil ini ternyata dimanfaatkan juga dalam eksperimen spekulatif dengan harapan suatu hari dapat memberi daya untuk baterai hingga biohome. Ada banyak sekali jenis bakteri yang dapat memproduksi listrik.

Bakteri penghasil listrik dapat melakukan trik dengan memproduksi elektron di dalam sel mereka dan melepaskannya melalui saluran kecil di membran sel mereka dalam proses yang disebut transfer elektron ekstraseluler atau EET. Proses saat ini untuk mengidentifikasi kemampuan memproduksi listrik dari bakteri melibatkan pengukuran aktivitas protein EET tetapi ini adalah proses yang sulit dan memakan waktu.

Karena hal tersebut, para peneliti biasanya menggunakan proses dielektroforesis untuk memisahkan dua jenis bakteri berdasarkan sifat kelistrikannya. Dengan menerapkan voltase kecil pada strain bakteri dalam saluran mikrofluida yang berbentuk jam pasir, tim ilmuwan dapat memisahkan dan mengukur berbagai jenis sel yang terkait.

Pemanfaatan daya listrik yang dihasilkan oleh bakteri dilakukan oleh Seokheun (Sean) Choi, P.hD. yang dilansir dari Science Daily, di mana Choi membuat sebuah terobosan dengan menciptakan sebuah penyimpanan daya berukuran kertas yang dibangkitkan oleh bakteri juga loh.

Siapa sangka ya, ternyata bakteri yang memliki ukuran kecil ini dapat dimanfaatkan sebgai sumber daya listrik.

Sumber Referensi:

http://nationalgeographic.grid.id/

http://www.digitalmania.id/

https://sains.kompas.com/

Sumber Gambar:

Google.com