Bahas Tuntas Teknologi Piala Dunia Qatar 2022 Part 2: Teknologi Offside Semi-Otomatis

0
193

Hallo Sobat Nextgener’s, Lanjut part dua nih! Sudah tahukah kamu bahwa Piala Dunia Qatar 2022 telah memperkenalkan teknologi offside semi-otomatis? Kalau belum sini mimin jelasin. Teknologi ini digunakan untuk membantu wasit dalam menentukan posisi para pemain saat terjadi situasi offside di lapangan. Bagi yang belum tahu nih ya, offside adalah situasi di mana seorang pemain dinyatakan offside apabila dia berada lebih dekat dengan garis gawang lawan daripada bola dan pemain bertahan ketika bola diberikan kepada dia. Kondisi ini sangat penting karena dapat mempengaruhi jalannya permainan.

Teknologi offside semi-otomatis akan membantu wasit dalam menentukan posisi pemain saat terjadi situasi offside. Sistem ini akan menggunakan kamera yang dipasang di sekitar lapangan untuk mengambil gambar dan memproses data secara real-time. Setiap kali bola dilempar, kamera akan merekam posisi pemain dan bola di lapangan. Kemudian, data tersebut akan diproses oleh komputer untuk menghitung posisi pemain dan bola secara akurat. Jika ada pemain yang berada dalam posisi offside, sistem akan memberikan peringatan kepada wasit melalui perangkat elektronik yang ada di pergelangan tangan.

Sumber: Khatulistiwahits.com

Sistem offside semi-otomatis ini akan mempermudah keputusan wasit dalam menentukan posisi pemain yang berada dalam situasi offside. Wasit tidak lagi harus mengandalkan pandangan mata dan pengalaman pribadi dalam menentukan posisi pemain. Dengan adanya teknologi ini, keputusan wasit akan lebih akurat dan adil. Namun, teknologi offside semi-otomatis ini juga memiliki kelemahan. Sistem ini hanya dapat menghitung posisi pemain dan bola di satu titik waktu tertentu. Artinya, sistem ini tidak dapat memprediksi gerakan pemain selanjutnya dan bisa saja terjadi situasi di mana pemain telah berada di posisi offside namun sistem tidak mendeteksinya.

Meskipun begitu, teknologi offside semi-otomatis ini menjadi terobosan baru dalam dunia sepak bola. Diharapkan teknologi ini dapat membantu wasit dalam mengambil keputusan yang lebih akurat dan adil, sehingga hasil pertandingan dapat mencerminkan kualitas permainan yang sebenarnya. Masih ada lagi loh teknologi yang ga kalah canggih dari yang kita bahas kali ini. Kalau penasaran stay tune di Nextgen terus yah. Agar kamu tidak ketinggalan info menarik lainnya. See u…