Bahas Tuntas Teknologi Piala Dunia Qatar 2022 Part 1: Al-Rihlah

0
38

Halo Sobat NextGener’s, kali ini kita akan membahas salah satu kecanggihan dari teknologi yang ada di Piala Dunia Qatar 2022 yang sedang berlangsung. Dalam pagelaran akbar setiap empat tahun sekali itu, teknologi yang selalu berkembang adalah bola yang digunakan dalam pertandingan. Nah, mimin akan jelasin nih teknologi apa saja yang membuat bola Piala Dunia Qatar 2022 ini menjadi sangat canggih. Dan ada fakta menarik loh tentang produksi bola Piala Dunia Qatar 2022 ini. Penasaran ga sih? Simak baik-baik yah…

Al – Rihlah

Sumber: Fifa.com

Diambil dari bahasa arab yang berarti perjalanan, Al – Rihlah menjadi bola resmi Piala Dunia Qatar 2022 yang telah diluncurkan adidas sejak awal tahun 2022. Desain dari bola ini terinspirasi dari budaya, arsitektur, perahu tradisional Dhow, dan bendera Qatar selaku tuan rumah Piala Dunia Qatar 2022. Bola ini dirancang untuk mendukung permainan yang berkecepatan tinggi karena bergerak lebih cepat saat melambung di udara dibanding bola Piala Dunia yang sebelumnya dibuat. Teknologi yang terdapat di bola ini merupakan teknologi tercanggih sejak 92 Tahun pagelaran Piala Dunia diadakan.

Adidas Suspension System

Sumber: Soccer Bible

Dilansir dari laman resmi adidas, Al – Rihlah menggunakan teknologi terbaru yaitu connected ball. Teknologi ini dapat membantu sistem kerja VAR (video assistant referee) dengan mengirim akurasi data berupa dampak dan pergerakan setiap tendangan dan sundulan yang terjadi di lapangan. Dilihat dari luar, Al – Rihlah memang tampak biasa saja sama seperti bola pada umumnya. Namun, keunikan dari Al – Rihlah ini terletak pada sensor gerak yang tertanam di dalamnya. 

Sensor ini bernama Adidas Suspension System yang ditenagai oleh baterai yang dapat diisi ulang. Sensor ini mampu mengirimkan data 500 kali per detik ke Video Match Officials FIFA yang nantinya akan meninjau data secara langsung untuk menentukan keputusan offside. Data ini kemudian digunakan oleh VAR untuk informasi cepat guna membantu mengoptimalkan pengambilan keputusan wasit dalam hitungan detik. Selain itu sensor ini juga mampu mendeteksi handsball sehingga dapat membantu menyelesaikan perselisihan akibat sentuhan pada bola. Meskipun dibekali teknologi mutakhir, performa bola Al – Rihlah ini tetap stabil.

Gimana Sobat? Menarik banget kan? Setelah ini mimin akan membahas teknologi-teknologi yang gak kalah canggih dengan Al – Rihlah ini. Eits jangan lupa juga untuk tetap stay tune di Nextgen yah. Agar kamu tidak ketinggalan info teknologi menarik yang sedang trend. Oke deh mimin mau lanjut nonton Piala Dunia dulu. See u guys