B2SA Gantikan 4 Sehat 5 Sempurna

0
53

Tangerang – Halo Sobat Nextgener’s! Kali ini kita akan membahas slogan ajakan makan dari Badan Pangan Nasional yang baru nih, yaitu B2SA, Beragam, Bergizi, Sehat dan Aman. Ayo kita bahas lebih dalam lagi, kenapa slogan 4 Sehat 5 Sempurna yang sudah biasa kita dengar harus digantikan.

Sumber: https://id.pinterest.com/

Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Slogan yang sangat akrab dengan kita sejak kecil bukan? Nah, slogan tersebut mengajak seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk memerhatikan isi piringnya dengan 4 jenis makanan seperti, makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah. Dengan pengempurnaan yang disebut bagian kelima adalah susu. Harapannya Makanan 4 Sehat 5 Sempurna ini dapat memenuhi kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, mulai dari karbohidrat dari makanan pokok, protein dan lemak dari lauk pauk dan sayuran, vitamin dan mineral diperoleh dari air ataupun susu jika ada (Aeni, 2021).

Akan tetapi, masih banyak yang salah kaprah dengan slogan ini, dan pemerintar juga menganggap ada kekurangan slogan ini dari sudut pandang volume makanan yang dimaksud. Contohnya saja porsi atau banyaknya nasi sebagai makanan utama hampir mengisi 80% bagian piring, 15% lauk, dan hanya 5% sayur. Dalam pemenuhan Angka Kecukupan Gizi (AKG) kandungan ini bukanlah takaran yang dibutuhkan tubuh. Untuk itu, slogan B2SA diharapkan mampu meluruskan tujuan dari 4 Sehat 5 Sempurna dalam pemenuhan gizi.

Sumber: https://badanpangan.go.id/

B2SA

Dari judulnya saja sudah buat bingung kan? Apa sih sebenarnya B2SA? Berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian No. 43 Tahun 2009 tentang Gerakan Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan (P2KP) Berbasis Sumberdaya Lokal, bertujuan untuk mempercepat diversifikasi pangan dan memperkuat ketahanan pangan masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat dan mampu membentuk pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman (B2SA). Tujuan utama gerakan konsumsi pangan B2SA adalah meningkatkan kesadaran dan membudayakan pola konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang, dan aman untuk hidup sehat, aktif, dan produktif kepada masyarakat.

Disamping itu gerakan konsumsi B2SA diperkenalkan karena merujuk kebutuhan gizi setiap orang yang berbeda dan tidak bisa disamaratakan. Pola makan beragam berarti bahwa berbagai macam makanan hewani dan nabati yang merupakan sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Makanan yang dikonsumsi baiknya beragam atau berbeda jenis agar memperolah kandungan gizi yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan gizi kita. Bergizi artinya mengandung zat gizi makro dan mikro yang dibutuhkan tubuh. Seimbang memiliki makna “cukup” dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu, memperhatikan saran AKG dengan usia dan tingkat aktivitas serta isi piring. Sedangkan aman, sudah pasti memiliki arti bahwa makanan harus bebas dari cemaran fisik, kimia dan mikrobiologi, sehingga makanan harus ditangani dan disimpan dengan baik.

Nah, jadi gimana nih Nextgener’s? Ayo terapkan B2SA pada makanan kalian sehingga mampu menjadi generasi penerus yang sehat.