Ayam Probiotik Lebih Sehat?

1
96

Daging ayam adalah salah satu protein yang paling umum dikonsumsi oleh seluruh kalangan masyarakat. Selain rasanya yang enak dan dapat diolah menjadi berbagai macam produk makanan, ayam juga tergolong pada kategori protein yang sehat untuk dikonsumsi. Tapi apakah kalian pernah dengar tentang ayam probiotik? Tentunya ayam probiotik sangat asing didengar terutama di industri pangan di Indonesia. Jadi sebenarnya apa sih ayam probiotik itu?

Sederhananya, ayam probiotik adalah ayam yang diberi pakan bakteri probiotik. Bakteri yang diberikan pada ayam cukup beragam namun pada umumnya terdiri dari Lactobacillus acidophilus, Lactobacillus casei, Bifidobacterium thermophilus, dan Enterococcus faecium. Melalui penambahan bakteri probiotik pada ayam, memberi dampak peningkatan produksi telur ayam.

Selain itu, penambahan probiotik pada pakan ayam juga membuat ayam lebih tahan terhadap infeksi bakteri patogenik. Biasanya ayam rentan terinfeksi terhadap bakteri Salmonella, Escherichia coli, dan Clostridium perfringens. Sebutan pemberian probiotik pada ayam disebut Direct Fed Microbials (DFM). Penambahan probiotik akan membuat sistem pencernaan pada ayam lebih sehat karena 70% dari sistem imun pada ayam berada pada sistem pencernaan. 

Proses DFM dilakukan sekitar 7 hari ketika ayam menetas yang mana sistem imun pada ayam belum berkembang dengan sempurna. Tidak hanya diberikan probiotik, ayam juga diberi makan prebiotik. Apa itu prebiotik? Prebiotik menyediakan nutrisi bagi probiotik agar dapat berkembang biak dan membantu menjaga keseimbangan mikroba pada sistem pencernaan ayam. 

Prebiotik yang biasa diberikan kepada ayam harus kaya akan inulin, karena inulin menjadi salah satu sumber makanan yang dibutuhkan probiotik. Prebiotik yang umum menjadi  pakan pada ternak ayam adalah fruktooligosakarida. Hubungan probiotik dan prebiotik pada bahan pakan ayam disebut juga sinbiotik karena adanya sinergi atau hubungan yang memberi manfaat.

Waktu dan Dosis Pemberian Probiotik

Pemberian probiotik pada ayam biasanya dari umur 7 hari hingga panen yaitu umur 28 hari. Namun dalam beberapa kasus, ayam probiotik pasca panen yang telah menjadi karkas juga tetap diberikan probiotik hingga didistribusi kepada konsumen untuk mencegah kontaminasi. Dosis probiotik yang diberikan pada ayam biasanya sebanyak 0,1 hingga 2 persen dari total banyak pakan. Dosis tersebut diberikan secara ad libitum atau diberikan setiap pemberian pakan ataupun minum.

Kegunaan Penambahan Probiotik

Penggunaan probiotik memberi banyak kegunaan dan menghasilkan produk daging ayam yang lebih berkualitas. Ayam pada umumnya menggunakan arsenik (dapat menyebabkan kanker apabila dikonsumsi terus menerus) untuk mencegah sakit dan mempercepat pertumbuhan ayam, sedangkan ayam probiotik tidak mengandung arsenik. Ayam probiotik juga menurunkan kadar kolesterol dan lemak, mengandung protein yang lebih tinggi, serta mencegah dysbiosis yaitu ketidakseimbangan mikroba pada sistem pencernaan ayam.

Kelebihan dan Kekurangan dalam Konsumsi Ayam Probiotik

Mengkonsumsi ayam probiotik dapat membawa keuntungan bagi tubuh karena daging ayam probiotik lebih berkualitas. Ada beberapa keuntungan mengkonsumsi ayam probiotik bagi tubuh, yaitu mengoptimalkan fungsi saluran pencernaan,mencegah adanya radang pada usus, memperkuat sistem imun, mencegah eksim dan psoriasis (kondisi dimana kulit mengalami iritasi atau radang), dan mengurangi konsumsi kolesterol.

Namun, dari banyaknya keuntungan yang diperoleh ketika dikonsumsi, ayam probiotik memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan harga ayam pada umumnya. 

Diagram Pemilihan Probiotik

Courtesy of ncbi.nlm.nih.gov

Ada banyak sifat atau kriteria untuk pemilihan bakteri fungsional. Bakteri probiotik yang dipilih harus memenuhi beberapa kondisi,seperti menempel pada epitel usus untuk mengatasi rintangan potensial seperti pH lambung yang rendah dan adanya asam empedu dalam usus. 

Cara pemilihan probiotik sebagai agen biokontrol dalam industri unggas diilustrasikan pada gambar disamping. Banyak uji in vitro telah dikembangkan untuk pra-seleksi strain probiotik. Lalu, untuk menguji persistensi nya pada ayam, hasil uji in vitro dievaluasi lagi secara in vivo atau pada ayam yang hidup. Probiotik yang potensial harus terlihat menguntungkan seperti adanya peningkatan nutrisi pada ayam dan adanya peningkatan respon imun.

Gimana, tertarik kan untuk mengkonsumsi ayam probiotik? Pada masa pandemi seperti sekarang ini, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi makanan yang sehat agar dapat menjaga daya tahan tubuh. Untuk itu, ayam probiotik menjadi salah satu pilihan makanan yang tepat dikonsumsi. Selamat mencoba dan salam sehat!

Ditulis oleh Nicholas Evan Darmawan dan Glorya Ichaisa Gryseldis Rihi, mahasiswa program studi Food Business Technology angkatan 2020

Referensi:

Abd El‐Hack, M. E., El‐Saadony, M. T., Shafi, M. E., Qattan, S. Y., Batiha, G. E., Khafaga, A. F., … & Alagawany, M. (2020). Probiotics in poultry feed: A comprehensive review. Journal of animal physiology and animal nutrition, 104(6), 1835-1850.

Alagbe, J. O. Probiotics and Medicinal Plants in Poultry Nutrition: a Review. International Journal on Integrated Education, 3(10), 214-221.

Alfiyan, S. (2018). PENGARUH PROBIOTIK DALAM AIR MINUM TERHADAP KOMPOSISI KIMIA DAN KOLESTEROL DAGING AYAM KAMPUNG SUPER (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Amam, A., Jadmiko, M. W., Harsita, P. A., & Poerwoko, M. S. (2019). Model pengembangan usaha ternak sapi perah berdasarkan faktor aksesibilitas sumber daya. Jurnal Sain Peternakan Indonesia, 14(1), 61-69.

Daud, M. (2006). Persentase dan kualitas karkas ayam pedaging yang diberi probiotik dan prebiotik dalam ransum (the carcass percentage and carcass quality of broilers given probiotics and prebiotics in the ration). Jurnal Ilmu Ternak Universitas Padjadjaran, 6(2).

Hartono, M., & Kurtini, T. (2015). Pengaruh pemberian probiotik terhadap performa ayam petelur. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 15(3).

Kabir, S. M. (2009). The role of probiotics in the poultry industry. International Journal of Molecular Sciences, 10(8), 3531-3546.

Manin, F. (2012). Potensi Lactobacillus acidophilus dan Lactobacillus fermentum dari saluran pencernaan ayam buras asal lahan gambut sebagai sumber probiotik. Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Peternakan, 221-228.

Prabowo, M. R. (2016). Pengaruh Variasi Dosis Probiotik Cair dengan Interval Waktu Pemberian Satu Hari Sekali Pada Air Minum Ternak Terhadap Pertumbuhan Ayam Broiler (Gallus gallus Domesticus). Universitas Airlangga. Surabaya.

Priastoto, D., & Kurtini, T. (2016). Pengaruh pemberian probiotik dari mikroba lokal terhadap performa ayam petelur. Jurnal Ilmiah Peternakan Terpadu, 4(1).

R.A. Norton (1997) Avian cellulitis, World’s Poultry Science Journal, 53:4, 337-349, DOI: 10.1079/WPS19970027