Autonomous Car, Mobil Yang Mengendalikan Mobil

0
202

Kemajuan teknologi yang semakin tinggi tidak hanya di bidang aplikasi software, tetapi juga di bidang perangkat keras seperti gadget, smart home, maupun transportasi. NextGeners masih ingat dengan cerita STEM-Z mengenai motor yang dapat berjalan sendiri menuju pemiliknya? Setelah kemarin bahas kendaraan roda dua tersebut, kali ini STEM-Z akan bahas mengenai transportasi roda empat yaitu mobil.

Autonomous Car merupakan mobil tanpa awak, sebuah mobil yang bisa mengendalikan dirinya sendiri, seluruh pengoperasian mobil akan dikerjakan kepada mobil itu sendiri. Mobil ini juga diharapakan bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan.

 

Kalau NextGeners lihat terjadinya kecelakaan di jalanan disebabkan kelalaian pengendara kendaraan itu sendiri.

Prinsip kerja dari mobil ini adalah menggunakan sensor dan juga komputer untuk mendeteksi kondisi di jalanan serta dapat membuat keputusan seperti manusia saat mengemudi di jalanan. Salah satu sensor yang digunakan adalah GPS (Global Positioning System) untuk mengetahui posisi kendaraan mobil itu sendiri, terdapat kamera dan radar yang akan mengarah ke sekeliling mobil untuk memantau keadaan sekitar, gelombang infra merah dan ultrasonik juga digunakan untuk menghitung jarak secara akurat ke kendaraan lain.

Mobil Autonomous ini berbeda loh NextGeners dengan mobil autopilot, kalau mobil autopilot mengusung konsep self-driving dimana pengemudi masih diperlukan untuk menghidupkan dan mematikan kendaraan, sedangkan autonomous ini konsepnya driver-less yang berarti benar-benar tanpa awak pengemudi. Untuk mobil autopilot dan autonomous keduanya memang menggunakan sistem sensor, namun yang membedakan adalah jenis sensor dari kedua mobil tersebut. mobil autopilot menggunakan sensor kamera berspesifikasi tinggi untuk menggantikan mata pengemudi, sedangkan sensor yang digunakan untuk autonomous menggunakan sensor LIDAR (light-sense radar). Mekanisme sensor LIDAR sendiri adalah menembakkan dan menangkap kembali pantulan sinar laser untuk memperkirakan jarak dan dimensi obyek di depannya.

Nantinya autonomous menjadi salah satu kendaraan yang akan digunakan di masa depan, sudah baynak vendor dan brand-brand mobil ternama mengembangkan mobil tanpa awak ini seperti BMW, Mercedez-Benz, Nissan, Tesla, Google, Apple dan lain-lainnya.

Walau mobil autonomus masih dalam tahap uji coba di beberapa negara, tapi semoga para pengembang bisa menghasilkan mobil yang semakin baik dan tingkat keamanan yang tinggi.

Bagaimana NextGeners mengenai mobil tanpa awak ini? Mungkin bila mobil ini sudah tersedia di pasaran akan dibutuhkan sedikit penyesuaian. Semoga saja dengan adanya mobil ini resiko kecelakaan menjadi kecil . kalau NextGeners bisa menciptakan inovasi dari mobil, kira-kira apa yang akan NextGeners ciptakan?

Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Computer Systems Engineering.

Sumber Referensi:

http://autobild.co.id/Tips/Knowledge/teknologi-autonomous-drive

https://automotive.idntimes.com/car/rudy-bastam/perbedaan-mobil-autopilot-dan-autonomous/full

https://infokomputer.grid.id/2015/12/berita/berita-reguler/juniper-research-google-peringkat-satu-vendor-mobil-swakemudi/

Sumber Gambar:

(Gambar no.1) https://www.3dincites.com

(Gambar no.2)https://nytimes.com

(Gambar no.3) https://d.ibtimes.co.uk

(featured image) https://media.licdn.com