Arkit, Magnet Untuk Para Gamers

0
93

Pada perhelatan Worldwide Developers Conference / WWDC 2017 (sebuah ajang tahunan yang diadakan oleh Apple) Apple merilis produk-produk terbarunya seperti iPad Pro, Mac Family, iOS11, Homepod, dan lain-lain. Satu yang mencuri perhatian adalah iOS 11, sistem operasi Apple yang ke sebelas ini banyak memiliki fitur yang menarik salah satunya adalah teknologi ARKit.

NextGeners tahu apa itu ARKit?

ARKit adalah framework baru Apple bagi para pengembang aplikasi di iOS 11 (iPhone dan iPad) untuk membuat Augmented Reality (AR).

Saat launching iOS11 yang diadakan di San Jose, California, Amerika Serikat, Apple memperlihatkan penerapan mendasar dari ARKit dengan memetakan sebuah cangkir teh menggunakan perangkat iPhone dan iPad. Apple mengklaim bahwa aplikasi biasa dengan gambar dua dimensi standar seperti kebanyakan, melalui ARKit dapat diubah menjadi pengalaman mendalam dan memberi sentuhan-sentuhan pada sesuatu hal yang bersifat biasa.

Penggunaan teknologi ARKit ini banyak dibuat untuk konten aplikasi dan games. Setelah rilis sebulan lebih ternyata aplikasi dan games yang menerapkan ARKit melonjak naik. Seperti yang dilansir dari halaman Sensortower.com yang telah membuat riset mengenai  aplikasi dan games yang menggunakan ARKit di App Store. Ternyata penggunaan Game berbasis ARKit paling banyak diunduh, sekitar 35% dari total data 3 juta unduhan.

Seperti grafik yang dibuat oleh sensortower, sangat terlihat games yang menggunakan ARKit mendominasi unduhan di App Store. Data lain juga menngatakan bahwa games sendiri sudah mengantongi 53% jumlah unduhan untuk aplikasi yang menggunakan ARKit. Games juga menjadi penyumbang aplikasi terbesar untuk Apple dengan kategori ARKit sebanyak 62%. Dalam grafik tersebut menampilkan seluruh jenis konsep games seperti strategi, teka-teki, puzzle, dan lain-lain.

Bagimana NextGeners ternyata sebuah games ketika diaplikasikan dengan teknologi ARKit ini menjadi semakin meningkat jumlah unduhannya.

Apa NextGeners sudah ada rencana membuat games dengan teknologi ARKit?

Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang  Enterprise Software Engineering.

Sumber Referensi:

http://www.pikiran-rakyat.com/luar-negeri/2017/06/08/apple-perkenalkan-sistem-augmented-reality-arkit-402743

https://macpoin.com/116711/teknologi-arkit-ternyata-diminati-para-pengembang-game/

https://www.makemac.com/tembus-3-juta-unduhan-teknologi-arkit-paling-diminati-untuk-games/

https://sensortower.com/blog/top-arkit-apps

Sumber Gambar:

(Gambar no.1) https://www.wired.com/story/arkit-augmented-reality/

(Gambar no.2 dan no.3) https://sensortower.com/blog/top-arkit-apps

(Featured image) https://www.slashgear.com/minecraft-ar-hints-at-what-possible-with-apple-arkit-27489803/