Artificial Intelligence dan Masa Depan

0
119

Hallo Nextgeners, apakah kalian tahu apa itu artificial intelligence?

Artificial Intelligence / AI (Kecerdasan Buatan) secara umum adalah kemampuan dari sebuah komputer untuk berfikir seperti manusia bahkan lebih baik dibandingkan manusia.

Sosok yang dikenal sebagai pendiri sistem Artificial Intelligence adalah John McCarthy pria kelahiran 4 September 1927 di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat. Pertama kali mempresentasikan konsep Artificial Intelligence pada tahun 1956 dalam konferensi Dartmouth berdasarkan proposal karya ilmiahnya yang dibuat pada tahun 1955.

McCharty merupakan sosok visioner yang selalu memikirkan apa yang terjadi di masa depan. Penemuan, penemuan, dan penemuan baru, yang selalu berada di pikirannya.

Tujuan McCarthy dalam makalah AI ini untuk menciptakan mesin yang bisa bekerja dan berperilaku seperti manusia. Dia meyakini bahwa setiap aspek kecerdasan yang bisa dipelajari dapat diadopsi ke sistem atau mesin.

Banyak berbagai bidang yang menerapkan Artificial Intelligence contohnya seperti games, jaringan syaraf tiruan, sistem pakar dan robotika.

Kehadiran Artificial Intelligence sangat banyak membantu kehidupan manusia bahkan juga bermanfaat untuk sektor bisnis, diantaranya adalah:

Mesin pembuat report, pembuat konten otomatis, menghindari kerjaan double untuk industri yang besar.

Artificial Intelligence juga sering digambarkan dalam film-film Hollywood seperti The Terminator (1984-2015),The Matrix (1999-2003), A.I (2001).

Bahkan Artificial Intelligence dengan hologram dikembangkan di negara Jepang untuk pelayanan restoran dan untuk asisten pribadi.

Untuk asisten pribadi hologram, asisten tersebut dapat berinteraksi dan membantu aktifitas pemilik asisten hologram tersebut seperti membangunkan tidur, mengingatkan untuk makan, dan menyapa penggunanya .

Konsep video dari asisten pribadi hologram tersebut sudah ada dan dapat dilihat pada video berikut:

kalau dilihat konsep video asisten pribadi hologram tersebut seperti aritificial inteligence J.A.R.V.I.S di film Iron Man, jadi kita enggak usah iri lagi sama Tony Stark yang punya asisten artificial intelligence J.A.R.V.I.S untuk membantunya dalam bekerja.

Untuk restoran dengan pelayan hologram tidak jauh berbeda dengan konsep asisten hologram. Dimana saat pelanggan memilih menu restoran melalui smartphone dan siap memesan makanan kemudian sosok pelayan restoran muncul dalam bentuk hologram dan siap membantu pelanggan restoran untuk memesan makanan. Tidak ada lagi interaksi dengan manusia di dalam restoran tersebut.

Begitu luas inovasi yang dapat dikembangkan dari Artificial Intelligence, kira-kira inovasi apa yang akan NextGeners buat dari Artificial Intelligence?

Share disini yuk NextGeners biar STEM-Z dan lainnya bisa tahu ide inovasi kalian.

Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Enterprise Software Engineering.

Referensi:

https://www.tutorialspoint.com/artificial_intelligence/artificial_intelligence_overview.htm

https://indoai.com/2016/06/17/apa-yang-dimaksud-dengan-artificial-intelligence-ai/

https://www.labana.id/view/3-manfaat-praktis-artificial-intelligence-untuk-bisnis/2017/03/30/?fullview

http://global.liputan6.com/read/3080829/4-9-1927-lahirnya-ilmuwan-komputer-pencetus-kecerdasan-buatan

Sumber gambar:

(Gambar no.1) https://www.flickeringmyth.com/2014/06/altercations-making-x-men-days-future-past/

(Gambar no.2) https://food.detik.com/info-kuliner/d-2542703/di-masa-depan-makan-di-restoran-tak-perlu-dilayani-pelayan/1/#photos