Lenna, Aplikasi Asisten Pribadi Kualitas Dunia dengan Rasa Lokal

0
65

NextGeners pasti tahu kalau dunia startup sekarang memang lagi berkembang pesat, baik di luar negri maupun di dalam negri. Banyak para startup berlomba-lomba menciptakan terobosan yang inovatif, seperti salah satunya aplikasi yang dibuat oleh startup yang dibuat oleh Rissandi dan Alen Boby, yaitu sebuah aplikasi asisten personal bernama Lenna.

Diluar sana memang sudah ada beberapa aplikasi asisten pribadi yang dibuat oleh para raksasa industri teknologi misalnya Apple yang memiliki Siri, Amazon dengan Alexa, Microsoft dengan Cortana dan Google yang juga memiliki Google Assistant. Salah satu kelebihan yang pasti dari Lenna dibandingkan dengan lainnya yaitu Lenna memiliki kemudahan bagi pengguna di Indonesia.

  Lenna yang merupakan produk teknologi berbasis Artificial Intelligence (AI) yang difungsikan sebagai asisten personal berbahasa Indonesia ini rilis pada tanggal 23 Januari 2018 di XXI Lounge Plaza Senayan, Jakarta. Tujuan awal pembuatan aplikasi ini adalah menjadikan Lenna sebagai sebuah asisten pribadi yang dapat menyesuaikan kebutuhan dan keinginan tiap penggunanya untuk memudahkan dan menyelesaikan kebutuhan sehari-hari penggunanya sehingga menjadi bagian dari gaya hidup penggunanya.

Dilansir dari halaman tribunnews.com, Rissandi selaku CEO mengatakan “kunci awal dibentuknya Lenna adalah easiness, flecibility, whole new experience, and embrancing new technology era.” Aplikasi Lenna ini mengutamakan fitur perintah suara (Voice Command), dengan adanya fitur ini para penggunanya akan menjadi lebih mudah menggunakannya, karena kebanyakan chatbot memerlukan input berupa kalimat dalam teks sebagai perintahnya.

Beberapa keunggulan yang dimiliki Lenna yaitu dapat mencari tahu perkembangan berita terbaru, ramalan cuaca, membeli pulsa selular & token listrik, bahkan Lenna juga mampu membeli tiket transportasi maupun tiket bioskop. Karena Lenna memang sudah terintegrasi dengan beberapa e-commerce dan perusahaan penyedia jasa telekomunikasi, salah satunya tiket.com dan masih akan bekerja sama dengan partner lainnya. Untuk memudahkan proses transaksinya Lenna juga menyediakan fitur uang elektronik / e-wallet.

Lenna juga dapat digunakan untuk keperluan bisnis, seperti membuat dan meminta laporan penjualan secara real-time meskipun penggunanya jauh dari lokasi tempat kerja. Karena Lenna juga terintegrasi dengan salah satu aplikasi manajemen Sales Force.

Aplikasi Lenna ini ternyata juga tidak sebatas sebagai asisten pribadi saja, Lenna juga bisa diajak untuk berbincang selayaknya dengan teman sendiri, karena Lenna didukung dengan teknologi AI Natural Language Processing (NLP).

Walau saat ini Lenna hanya tersedia untuk pengguna Android, kedepannya Lenna akan terus dikembangan untuk platform lainnya. Bagaimana menurut NextGeners dengan salah satu aplikasi asisten pribadi berbasis AI (Artificial Intelligence) asal Indonesia ini, karena aplikasi ini sepenuhnya menggunakan bahasa Indonesia dan sangat memudahkan masyarakat. Jika NextGeners Ingin juga membuat aplikasi inovasi maka kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang  Enterprise Software Engineering.

Sumber Referensi:

https://id.techinasia.com/lenna-aplikasi-asisten-pribadi

https://youngster.id/featured/lenna-asisten-pribadi-berteknologi-ai-dari-indonesia

http://www.tribunnews.com/techno/2018/01/24/aplikasi-lenna-lebih-dari-sekadar-asisten-pintar?page=2

Sumber Gambar:

https://play.google.com

https://businessinsider.com