Apa itu Aktuaria?

0
331

Aktuaria adalah suatu disiplin yang mengaplikasikan metode matematika dan statiska untuk merancang produk dan mengukur resiko di sektor keuangan khususnya di industri asuransi dan dana pensiun.  Subyek berkaitan yang digunakan di Aktuaria adalah Matematika, Probabilitas dan Statistika, Ekonomi, Keuangan, dan Pemograman Komputer.  Sedangkan Aktuaris adalah para profesional yang punya kecakapan dan kualifikasi melalui pendidikan dan pengalaman untuk bekerja di bidang Aktuaria.

 

Konstelasi_Aktuaria

 

Aktuaris mengolah dan menganalisa data untuk mengestimasi probabilitas dan potensi biaya dari suatu peristiwa seperti kematian, sakit, kecelakaan, cacat, atau kerugian harta benda. Aktuaris juga mencari solusi untuk masalah keuangan yang kompleks, seperti berapa jumlah kontribusi per bulan terhadap dana pensiun yang diperlukan untuk menghasilkan tingkat pendapatan pensiun yang layak di kemudian hari dan cara di mana suatu perusahaan disarankan untuk menginvestasikan sumber dayanya untuk memaksimalkan potensial keuntungan yang dapat dicapai dengan meminimalisasi segala potensi resiko yang dapat terjadi.

Dengan menggunakan pengetahuan yang luas di bidang matematika, statistika, keuangan, dan bisnis, seorang Aktuaris sangat berperan dalam membuat kebijakan polis asuransi, program pensiun, dan strategi keuangan lainnya dengan memastikan bahwa kebijakan-kebijakan yang dibuat memiliki dasar keuangan yang sehat.  Seiring dengan perkembangan dunia bisnis yang semakin kompleks, kemampuan untuk membuat keputusan menggunakan prinsip-prinsip pemodelan Matematika dan mengimplementasikan pemodelan tersebut menggunakan sistem komputer modeling yang canggih menjadi suatu keahlian yang sangat dicari.  Oleh karena itu, seorang Aktuaris merupakan aset yang berharga dalam suatu organisasi untuk meminimalisasi resiko-resiko keuangan yang dapat terjadi.

Di Indonesia, seorang Aktuaris harus mendemonstrasikan keahliannya sebagai level Associate of the Society Actuaries Indonesia (ASAI) atau level Fellow of the Society Actuaries Indonesia Indonesia (FSAI) dengan mengambil dan lulus dari serangkaian ujian profesional yang diadakan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI).

 

Ingin jadi seorang aktuaris? Yuk, mulai perjalananmu menjadi seorang aktuaris dengan bergabung di http://prasetiyamulya.ac.id/admission/stem/