Alga yang Melindungi Kaki

0
106

NextGeners apakah kenal dan tahu apa itu alga? Alga adalah sekelompok organisme autotrof yang tidak memiliki organ dengan perbedaan fungsi yang nyata. Alga bahkan dapat dianggap tidak memiliki organ seperti yang dimiliki tumbuhan. Jumlah pertumbuhan alga di laut semakin banyak karena menumpuknya limbah pupuk di laut, jumlah yang banyak dapat memberikan dampak ekosistem yang buruk. Ternyata hal ini membuat salah satu perusahaan sepatu ternama Vivobarefoot untuk mengambil peluang ini, yaitu dengan mengubah alga menjadi sepatu, nama dari sepatu ini adalah Ultra-eco Amphibious shoe.

Perusahaan sepatu asal London ini tidak bekerja sendirian untuk membuat desain sepatu dari alga ini, Vivobarefoot bekerja sama dengan Bloom Foam, sebuah perusahaan biomassa alga terkemuka di dunia. Bloom menggunakan alga, mengambilnya dari laut dan danau-danau yang pertumbuhan alganya melebihi batas, sebagai bahan dasar untuk menciptakan busa bersel-padat yang dinamai ethylene-vinyl acetate, atau disingkat EVA.

Tapi bukannya alga itu berbahaya dan bisa ngeracunin mahluk hidup disekitarnya? tenang NextGeners sepatu ini terbuat dari alga yang tidak berbahaya.

Seperti dilansir dari halaman inhabitat, sepatu alga ini diyakini mampu mengembalikan 57 galon air bersih ke ekosistem sambil menghilangkan 40 balon karbon dioksida dari atmosfer. Kerennya dari sepatu ini  dapat digunakan secara fleksibel, yakni dapat digunakan di tempat yang basah (dalam air) dan juga kering.

“Dengan menghilangkan alga dari ekosistem laut dan mengubahnya menjadi bahan yang ramah lingkungan dan modern tentu ini dapat menjadi langkah untuk mengatasi berbagai masalah dan membuat dunia menjadi lebih bersih,” papar head of product Vivobarefoot, Lee Rogers.

Sepatu ini merupakan salah satu produk yang mengusung eco-friendly, karena sepatu ini berasal dari bahan alami yang tidak akan merusak ekosistem. Siapa sangka ternyata limbah yang melimpah ini bisa diolah menjadi sesuatu hal yang berguna.

Apakah NextGeners mendapat inspirasi setelah membaca artikel ini?

Kalau ada Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang  Product Design Engineering.

Sumber Referensi:

http://www.greeners.co/ide-inovasi/sepatu-berbahan-alga/

http://www.gogirl.id/news/fashion/eco-friendly-shoes-from-algae-t79362.html

https://lifestyle.sindonews.com/read/1228186/186/sepatu-unik-terbuat-dari-alga-yang-bisa-di-air-dan-darat-1502164592

Sumber Gambar:

(Gambar no.1) Inhabitat.com

 (Gambar no.2) http://www.gogirl.id/news/fashion/eco-friendly-shoes-from-algae-t79362.html

Featured Image:

A shoe that gives athletes a feel of floating on water