Alat Musik “Tak Kasat Mata”

0
52

NextGeners pernah dengar lagu Over The Rainbow ? lagu yang dinyanyikan oleh Judy garald yang menjadi lagu untuk film The Wizard of Oz ini memang lagu yang enak didengar.

Banyak sekali yang menyanyikan ulang atau memainkan instrument dari lagu ini, salah satunya seperti dalam video di bawah ini

Bagus kan musiknya, tapi NextGeners ada yang merasa aneh tidak dengan alat musik yang dimainkan dan apa yang dilakukan oleh musisi tersebut,  apakah pemusik ini seorang pesulap yang tidak menyentuh musik tetapi bisa mengeluarkan suara musik? Tentunya bukan, melainkan memang seperti itu alat musik tersebut dimainkan.

Theremin, itulah nama alat musik yang terlihat begitu ajaib. Theremin adalah sebuah alat musik eletronik yang ditemukan pada tahun 1920, dan kemudian dipatenkan pada tahun 1928 oleh seorang ahli fisika asal Rusia bernama Lev Sergeyevich Termen (Léon Theremin), yang masih digunakan sampai sekarang.

Alat musik theremin dimainkan tanpa ada kontak fisik sama sekali dan bergantung pada manipulasi medan magnet yang dipancarkan oleh dua antena yang terhubung dengan alat. Masing –masing antena mengontrol tinggi rendahnya nada dan volume suara atau amplitudo, dan keduanya dapat dimanipulasi dengan menggerakan tangan mendekati atau menjauhi antena. Gerakan tangan tersebut menginterupsi medan magnet yang kemudian ditangkap oleh sirkuit-sirkuit pada theremin dan hasilnya sinyal elektronik tersebut diubah menjadi sinyal suara yang disalurkan ke speaker.

Apakah NextGeners berencana untuk belajar mamainkan alat musik theremin? Alat musik theremin ini mudah dipelajari namun terkenal sulit untuk dikuasai.  Kuncinya memang harus rajin, tekun dan konsisten. Karena tantangan yang dihadapi  oleh theremist (sebutan untuk pemain theremin) yaitu mampu mengendalikan tinggi dan rendahnya nada tanpa pedoman (tanpa kunci atau posisi jari) serta meminimalisisr nada yang tergelincir yang tidak diharapkan dalam instrumen ini.

Banyak musisi besar dunia yang memasukan instrument theremin ke dalam lagu-lagu mereka, diantaranya Jimmy Page Led Zeppelin (lagu Whole Lotta Love & No Quarter), The Beach Boys (lagu Good Vibration) dan juga musisi jaman sekarang seperti Nine Inch Nails dan Radiohead.

Bagaimana NextGeners tentang alat musik theremin? Pastinya unik kan, seolah-olah kita seperti pesulap. Kalo ada NextGeners yang coba belajar dan memainkan theremin coba share yuk disini.

Sumber Referensi:

http://musicalprom.com/2015/08/27/theremin-alat-musik-misterius-memesona/

https://id.wikipedia.org/wiki/Theremin

http://www.djarumcoklat.com/article/kilas-singkat-alat-musik-ethereal-theremin

Sumber Gambar:

(Gambar no.1) http://musicalprom.com

(Gambar no.2) http://www.theremin.info

Featured image http://youtube.com