Ajak Siswa Ciptakan Inovasi di Bidang Pangan, STEM Prasmul Gelar Acara CLAVE. Yuk Simak!

0
27

Tangerang, Nextgen — Pandemi membuat masyarakat sadar bahwa makanan merupakan hal penting untuk menjaga imunitas tubuh. Kondisi ini membuat makanan menjadi sektor yang potensial untuk dikembangkan. Saat ini, semua orang dengan ide menciptakan makanan yang enak dan sehat sangat diuntungkan.

Inovasi makanan sehat dan enak bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Di saat banyak makanan yang belum tentu sehat beredar membuat makanan sehat memiliki value yang tinggi. Oleh karena itu, Sekolah Ilmu Terapan STEM Universitas Prasetiya Mulya mengadakan CLAVE 3.0, kompetisi bergengsi untuk inovasi di bidang makanan.

CLAVE 3.0 adalah acara tahunan yang diselenggarakan di bawah naungan Prodi Food Business Technology Universitas Prasetiya Mulya. CLAVE 3.0 telah berhasil dilaksanakan dengan mengusung tema “Probiotics Innovation: Your Healthy Future Begins Now!”. Kali ini siswa/i SMA sederajat baik kelas X, XI, dan XII ‘ditantang’ untuk membuat food product ideation and business plan.

Hasil karya peserta akan dikumpulkan dalam format video singkat dan pitching yang dimulai dari ide, rancangan proses, hingga penjelasan bagaimana produk tersebut dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan imunitas orang yang mengkonsumsinya serta rancangan ide bisnis untuk dapat bersaing dalam pasar global.

Pada hari Sabtu, 11 September 2021, Clave 3.0 telah melaksanakan pre-event berupa coaching yang dibuat khusus untuk peserta CLAVE 3.0. Tujuan dari sesi coaching untuk memberikan edukasi mengenai “Pengembangan Produk Probiotik” dan “Teknik Presentasi Efektif untuk Pitching Ide Bisnis” untuk mempersiapkan peserta pada main event CLAVE 3.0 yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 16 Oktober 2021.

Pada sesi coaching, peserta diberikan kesempatan untuk berkonsultasi dan berdiskusi langsung dengan pemateri yang merupakan Faculty Member Food Business Technology Universitas Prasetiya Mulya, yaitu Ibu Rike Tri Kumala Dewi, M.Si dan Ibu Nurhayati, M.Si.

Acara main event CLAVE 3.0 yang dilaksanakan pada Sabtu, 16 Oktober 2021 lalu dihadiri oleh 190 partisipan dari berbagai kalangan seperti dosen, mahasiswa, pelajar SMA, dan tentunya para peserta lomba CLAVE 3.0 sendiri. Acara dibuka oleh Ibu Lina Jaya Diguna Ph.D. selaku Direktur Program Desain, Rekayasa, dan Teknologi, Sekolah STEM Terapan dan Ibu Dr. Rahmawati sebagai Ketua Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) Jakarta.

Materi webinar pertama dibawakan oleh Bapak Riyan Angriawan, Ph.D. yang merupakan Faculty Member Food Business Technology dengan topik “Probiotics Application in Functional and Nutraceutical Food Industry”. Selanjutnya, materi kedua dibawakan oleh Ibu  Ir. Yunawati Gandasasmita, M.Sc. selaku Komite Regulasi Teknis Pangan GAPMMI, dengan mengangkat topik berjudul “Opportunities and Challenges for Food Business in COVID-19 Era

Sesi webinar dimoderasi oleh Ibu Fransisca Wijaya, M.P. yang juga Faculty Member Food Business Technology. Acara ini berlangsung dengan lancar dan sangat baik. Selama webinar berlangsung, para peserta sangat antusias terhadap materi yang disampaikan. Hal ini terlihat dari berbagai pertanyaan unik dan komentar yang dikirimkan melalui kolom chat.

Setelah melalui proses yang panjang dan penilaian yang objektif, didapatkan pemenang acara CLAVE 3.0 yang diumumkan di akhir acara sebelum penutupan CLAVE 3.0. Juara pertama yakni tim Alpha Inovativa dari SMA PAHOA dengan produk inovasinya yakni ‘Aiyou: Minuman Probiotik Modifikasi Yoghurt Low-fat yang Dilengkapi dengan Boba Ubi Ungu dengan Sirup Rempah Khas Nusantara’. 

Juara kedua diraih oleh tim Zingcy dari SMAK Penabur Kota Tangerang dengan produk inovasinya yakni ‘Zycrobobalato: Ice Cream Berbahan Dasar Fermentasi Jahe dengan Tambahan Topping boba Fermentasi Nanas serta Croffle sebagai Cone-nya. Juara ketiga diraih oleh tim Pos P-Lab dari PrimeOne School dengan produk inovasinya yakni ‘Tempetizing: Saus oles Probiotik yang Berbasis Tempe’.

Segenap keluarga CLEAVE 3.0 mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan segala bentuk kerjasamanya sehingga acara CLAVE 3.0 ini dapat berjalan dengan baik. Sampai jumpa di CLAVE 4.0!