AI Yang Memahami Selera Fashion

0
76

Memang tidak pernah ada habisnya cerita yang berhubungan dengan artificial intelligence, selalu saja ada terobosan inovasi yang dihasilkan dari ilmu tersebut, baik untuk diterapkan pada perangkat keras komputer atauapun aplikasi perangkat lunak (software).

Kali ini hadir mengenai AI yang dapat mempelajari selera berpakaian dan gaya seseorang dan dapat memberikan saran cara berpakaian kita. Dalam sebuah makalah yang di tampilkan oleh ArXiv , peneliti dari Universitas California, San Diego dan Adobe telah menerangkan sebuah cara bagi artificial intelligence  agar tidak hanya mempelajari gaya seseorang tetapi dapat membuat gambar yang dihasilkan komputer yang sesuai dengan gaya tersebut.

Di dalam jurnal tersebut menjelaskan dua algoritma yang berbeda digunakan dalam sistem AI tersebut.  Pertama, Convolutional Neural Network (CNN) untuk mempelajari dan mengklasifikasi pilihan pengguna dalam item tertentu, menggunakan data pembelian dari Amazon (Situs jual beli) dalam enam kategori: sepatu, atasan, bawahan untuk perempuan dan pria. Kemudian menggunakan informasi yang berhasil didapatkan untuk dipelajari oleh Generative Adversarial Network (GAN), sebuah bagian dari artificial intelligence yang mana mahir dalam hal menghasilkan gambar yang realistis. GAN bekerja dengan memiliki dua jaringan yang melatih data yang sama. Salah satu jaringan menghasilkan gambar palsu berdasarkan kumpulan data tersebut, sedangkan jaringan lainnya menggunakan data yang sama untuk menentukan apakah gambar itu nyata. Metode ini memungkinkan jaringan memperbaiki hasilnya. Untuk penelitian ini, GAN membuat beberapa gambar item untuk setiap pengguna.GAN  diciptakan oleh Ian Goodfellow, salah satu dari 35 innovator Teknologi MIT (Massachusetts Institute of Technology).

Menambahkan GAN ke sistem recomender dapat membantu para peritel online mengetahui apa yang diinginkan pelanggan di luar item yang sudah ada. Namun, para periset perlu memikirkan beberapa hal sebelum hal itu bisa terjadi, termasuk bagaimana mengubah gambar buatan komputer dua dimensi menjadi rendering 3D yang bisa digunakan untuk menghasilkan sepotong pakaian.

Bagaimana NextGeners mengenai AI yang diterapkan untuk fashion ini? Pasti sangat berguna ya, apalagi jika sudah diterapkan pada retail-retail fashion online dan menghasilkan tampilan 3D, pasti akan banyak pembeli yang senang dan tidak menjadi bingung dalam memilih fashionnya.

Setelah membaca artikel ini apakah NextGeners jadi memiliki ide inovasi untuk menciptakan sesuatu hal baru lainnya dengan artificial intelligence pada software?

Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang  Enterprise Software Engineering.

Sumber Referensi:

http://www.dailymail.co.uk/sciencetech/article-5089505/AI-stylist-learns-fashion-invents-outfit.html

http://somecosmiclove.com/this-ai-learns-your-fashion-sense-and-invents-your-next-outfit/

https://www.technologyreview.com/s/609469/this-ai-learns-your-fashion-sense-and-invents-your-next-outfit/

Sumber Gambar:

Https://www.technologyreview.com