Belanja Virtual di JD.ID (cukup dengan Scan QR Code di Stasiun Kereta)

0
10

Teman NextGeners pasti sekarang ini sudah mulai merasakan perubahan gaya hidup yang semakin dekat dengan teknologi. Seperti salah satunya yang paling baru adalah terobosan inovasi dari Jd.id yang meluncurkan cara berbelanja menggunakan kode QR code yang tedapat di stasiun-stasiun kereta.

Inovasi ini dirlis pertama kali pada tanggal 5 September 2018 lalu, nama produknya adalah JD.ID Virtual yang dirilis secara serentak di sembilan stasiun kereta api di Jabodetabek. Sembilan stasiun yang sudah memilikinya adalah jakarta Kota, Sudirman, Sudimara, Juanda, Gondangdia, Cikini, Tebet, Pasar Minggu dan Depok Baru.

Dengan JD.ID Virtual ini, masyarakat dapat memilih barang lewat banner yang menyerupai tampilan supermarket di kereta. Untuk melakukan transaksinya kita hanya perlu melakukan scan kode QR dari barang-barang yang ingin dibeli. Setelah melakukan pembayarannya secara online, barang tersebut akan secara otomatis dikirim ke rumah sang pembeli.

QR code yang merupakan singkatand ari Quick Respone code ini dulunya digunakan untuk industri otomotive loh NextGeners, sampai pada akhirnya digunakan sebagai inovasi yang menarik seperti saat ini (termasuk yang dilakukan oleh JD.ID)

Lalu kenapa JD.ID Virtual ini dirilis pertama kalinya di stasiun kereta ya? Pasti NextGeners penasaran. Kalau menurut JD.ID banyak masyarakat yang menggunakan moda transportasi tersebut. jadi masyarakat dapat menggunakan layanan ini ketika menunggu kereta.

President Director JD.ID Zhang Li mengatakan, perusahaannya senantiasa berinovasi untuk memberikan terobosan yang memudahkan para pelanggan kami dalam mengakses dan memenuhi kebutuhan keseharian mereka meski dalam perjalanan. Secara teknologi, kata dia, pihaknya bangga dapat mempelopori cara dan pilihan berbelanja yang berbeda sesuai dengan dinamika masyarakat urban.

Zhang Li juga berkata “Pelanggan adalah inspirasi kami dalam menjalankan bisnis kami di Indonesia dan kami percaya, dengan JD.ID Virtual, konsep berbelanja yang tak mengenal batas/borderless sesuai dengan semangat dan nilai-nilai perusahaan ini dapat memberikan solusi nyata bagi industri ritel modern sekaligus menjalankan amanah kami untuk memajukan Indonesia (Advancing Indonesia).”

Bagiamana setelah membaca artikel ini?yuk NextGeners! Kalian juga dapat memberikan ide-ide inovasi kalian di sini dan juga dapat berinovasi di bidang  Software Engineering seperti yang dibuat oleh JD.ID ini .

Sumber Referensi:

https://id.techinasia.com/

https://kumparan.com

https://www.candra.web.id

Sumber Gambar:

http://industri.bisnis.com