Panel Surya Smartflower (Inspirasi Inovasi Bunga Matahari)

0
24

Pada umumnya panel surya memiliki bentuk kotak biasa dan terpapar diam di penyaangga, pada dasarnya panel surya akan menyimpan sumber energi dari matahari untuk dikelola menjadi sumber energi terbarukan, namun bagaimana jika sebuah panel surya dibuat selayaknya bunga matahari yang selalu mengikuti arah sinar matahari? Pastinya jauh lebih efisien.

Panel surya berbentuk bunga dan bekerja selayaknya bunga matahari ini diwujudkan oleh sebuah perusahaan dari Austria yang memiliki nama Smartflower. Panel surya ini mampu memberikan energi 40% lebih banyak dari pada bentuk panel konvensional. Panel surya ini juga dibuat portabel cukup dengan plug-and-play, dirancang untuk daya listrik rumah dan kantor.

Karena mengikuti sistem cara kerja bunga, sistem kelopak yang bisa disesuaikan ini dapat melacak jalur matahari sepanjang hari. Ketika matahari terbit pada pagi hari, Smartflower secara otomatis akan terbentang dan mulai memproduksi energi dengan pengaturan kelopaknya pada sudut sembilan puluh derajat. Smartflower akan tertutup kelopaknya pada saat malam hari ataupun ketika ada angin kencang yang membuatnya merasa tidak aman untuk beroperasi. Smartflower ini bekerja secara otonom melalui pelacakan sumbu ganda berbasis GPS, alat ini juga tidak lupa dilengkapi dengan pendingin dan pembersih sistem juga loh NextGeners.

Smartflower memiliki sebuah sistem kinetik all-in-one dengan inverter, pemantauan, dan baterai di setiap unit. Karena panel surya ini dibat portabel, maka ktia sebagai pengguna dapat membawanya dan merakitnya, pengguna juga dapat menarik dayanya hanya dengan mencolokkan kabel.

Setiap unit Smartflower ini mampu memproduksi energi listrik sebesar 3.400 sampai dengan 6.200 kWH setiap tahunnya, sehingga diklaim mampu untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga. CEO dari Smartflower yaitu Alexander Swatex mengatakan:

Alam memberikan kami inspirasi sebagaimana banyak inovasi lainnya. Smartflower ini menggunakan energi matahari dengan lebih efisien dibandingkan dengan pembangkit lainnya. Sehingga produk ini akan memenuhi kebutuhan masyarakat untuk menghasilkan energi bersih dari rumah mereka masing-masing”

Keren kan NextGeners Smartflwoer ini, seperti yang disebutkan oleh Swatex, jika inspirasi inovasi itu bisa didapatkan dari alam loh, tertantangkah NextGeners untuk membuat inovasi seperti Smartflower ini? kalau begitu Yuk NextGeners kita tunggu kalian untuk kolaborasi berinovasi di bidang Renewable Energy Engineering, Computer Systems Engineering, dan Product Design Engineering.

Sumber Referensi:

https://properti.kompas.com/read/2017/04/12/134547321/panel.surya.berbentuk.bunga.bekerja.mengikuti.gerak.matahari

https://teknoia.com/panel-surya-unik-terinspirasi-dari-bentuk-bunga-dc32fd4c0594

https://www.ikons.id/panel-surya-yang-mengikuti-gerak-matahari/

Sumber Gambar:

https://www.solarreviews.com

https://www.designboom.com