Dari Ampas Kopi sampai Menggerakkan Bus

0
109

NextGeners bisa membayangkan betapa nikmatnya meminum kopi saat berkumpul bersama teman-teman di caffe? Pastinya seru, apalagi sekarang kopi sudah menjadi minuman yang tren di kalangan masyrakat dengan berbagai macam kombinasi kopi baru yang membuat cita rasa kopi semakin nikmat untuk diminum. Tapi pernahkah terbayang jika dari sebuah kopi bisa menggerakan suatu kendaraan seperti bus? Tentu hal ini ada dan telah terjadi di kota London, Inggris.

Bus-bus di London memperoleh bahan bakar yang berasal dari ampas kopi, hal ini berawal dari sebuah perusahaan bernama Bio-bean. Bio-bean merupakan sebuah perusahaan yang mengembangkan energi dari ampas kopi, mengumpulkan satu ton ampas kopi, kemudian mendaur ulang, dan mengubahnya menjadi bahan bakar terbarukan.

Dilansir dari halaman The Daily Star, warga London memiliki kebiasaan meminum kopi rata-rata 2,3 cangkir per hari. Hal itu membuat ampas kopi yang kaya akan mineral sebanyak 200.000 ton terbuang sia-sia setiap tahunnya.

Arthur Kay, pendiri perusahaan Bio-bean mengatakan, “Kami mengumpulkan ampas kopi dari seluruh penjuru Inggris, dari ribuan gerai kopi yang beragam, dan kemudian mengubah ampas kopi itu di pabrik kami di Cambridgeshire menjadi bahan bakar bio yang canggih.”

Bio-Bean  mendapat ampas kopi dari mana-mana, mulai dari warung kopi hingga pabrik kopi instan. Mereka mengekstrak minyaknya untuk digunakan sebagai campuran untuk biodiesel 20 persen.

Setelah ampas kopi tersebut terkumpul di pabrik mereka di Cambridgeshire, kemudian mengirimkan minyak ampas kopi tersebut ke Argent Energy, produser bahan bakar bio terbesar di Inggris, yang melengkapi produk ini dengan biodisel (bahan bakar yang terbuat dari minyak sayur atau lemak hewan). Campuran akhirnya terdiri dari 80 persen bahan bakar tradisional, dan 20 persennya terdiri dari bahan bakar hayati.

“Kami tidak mengatakan ini benar-benar menggantikan bahan bakar fosil dalam semalam,” ucap Arthur Kay.

Campuran tersebut diklaim mampu mengurangi emisi karbon dari perjalanan bus hingga 15 persen, tanpa perlu memodifikasi mesin. Bahan bakar campuran kopi ini juga bisa digunakan untuk taksi, mobil, dan truk.

Bahan bakar kopi yang dihasilkan oleh perusahaan Bio-bean memang belum banyak. Jumlahnya baru bisa digunakan pada satu bus selama satu tahun. Namun, perusahaan ini berharap, suatu hari nanti bus-bus di London bisa menggunakan bahan bakar kopi.

“Jika kami menerima semua ampas kopi di London, ini akan cukup untuk kira-kira sepertiga jaringan bus London menggunakan campuran B20. Jadi, ada kontribusi yang signifikan, tapi itu tidak akan menyelesaikan semuanya,” lanjut Kay.

Selain itu, perusahaan ini juga berharap, suatu hari nanti bisa membuat bahan bakar kopi tanpa campuran biodiesel. Jadi, udara di kota ini lebih nyaman dan bersih dari karbondioksida.

Ternyata kopi memiliki manfaat yang banyak, dimulai saat kita meminumnya yang memiliki rasa yang enak, kemudian ampas nya dapat diolah menjadi sumber bahan bakar untuk bus. Jika NextGeners punya ide inovasi kira-kira ingin menggunakan apa sebagai sumber bahan bakar? Yuk tuang ide NextGeners di sini dan Kita tunggu NextGeners untuk berinovasi di bidang Entrepreneurial Energy Engineering.

Sumber Referensi:

https://www.voaindonesia.com/a/bus-london-gunakan-bahan-bakar-dari-ampas-kopi-/4142131.html

http://internasional.kompas.com/read/2017/11/20/14121361/ampas-kopi-jadi-bahan-bakar-bus-ikonik-di-london

http://bobo.grid.id/Sains/Iptek/Bahan-Bakar-Kopi-Untuk-Bus-Di-London

Sumber Gambar:

https://creativecommons.org

(featured Image) https://www.themanufacturer.com