5 Kebiasaan yang Menjadikan Bill Gates Orang Terkaya di Dunia

1
494

Pada tahun 1975, bersama dengan rekannya Paul Allen, Bill Gates mendirikan sebuah perusahaan komputer bernama Microsoft. Sistem operasi yang mereka buat, Windows, kini merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Dengan jumlah kekayaan yang mencapai US$75,9 miliar (sekitar Rp1.000 triliun), Bill Gates saat ini merupakan orang terkaya di muka bumi. Bagaimana sebenarnya kebiasaan-kebiasaan yang dijalani oleh seorang Bill Gates sehingga ia bisa menjadi orang yang sukses dan kaya seperti sekarang?

1. Banyak membaca buku
Bill Gates dikenal sebagai seorang “penggila” buku. Dalam sebuah wawancara dengan Forbes, ayah dari Bill Gates menjelaskan kalau sejak kecil Bill telah membaca semua buku yang menarik baginya, mulai dari ensiklopedia hingga fiksi ilmiah.

“Ia membaca banyak sekali buku, seperti ibunya. Saya sampai harus membuat sebuah aturan: Dilarang membawa buku saat makan malam!”

Sampai saat ini, Bill masih terus membaca. Kamu bisa melihat buku apa saja yang ia baca dan ia rekomendasikan di blog miliknya.

2. Cukup tidur
Sempat menjadi pemimpin dari salah satu perusahaan terbesar di dunia, Bill Gates jelas mempunyai banyak sekali kesibukan. Namun di tengah-tengah kesibukan tersebut, ternyata ia selalu mempertahankan kebiasaan untuk tidur selama tujuh jam setiap malam.

“Sangat menyenangkan untuk bisa terjaga sepanjang malam. Namun untuk mengeluarkan kreativitas, saya butuh tidur selama tujuh jam,” tutur Bill kepada The Seattle Times.

3. Terus berinovasi
Walaupun telah mencapai kesuksesan dengan Microsoft, namun Bill mengatakan kalau ia selalu menikmati ketika mengerjakan masalah-masalah baru. “Ketika merasa telah berhasil dalam suatu hal, saya selalu berhati-hati agar tidak terlalu larut dalam kesenangan. Dalam bisnis yang saya jalani, akan selalu ada masalah baru yang harus diselesaikan,” jelas Bill.

4. Dekat dengan keluarga
Bill pernah membandingkan dirinya dengan teman-temannya yang lain, dan ia merasa kalau dirinya merupakan yang paling dekat dengan keluarga. “Orang tuaku sangat menyenangkan,” ujar Bill dalam sebuah wawancara.

Menurut Bill, ia bahkan telah membangun sebuah rumah khusus di mana ia bisa berkumpul dengan keluarganya di akhir pekan. Bill juga menyempatkan diri untuk membuat sebuah tulisan dan video khusus dalam blog pribadinya, untuk menyambut ulang tahun sang ayah.

5. Hemat
Bill menceritakan kalau ia pernah melihat beberapa perusahaan yang menjadi kliennya tiba-tiba bangkrut. “Sejak saat itu, saya punya pemikiran untuk menyimpan uang di bank sebesar gaji yang saya terima dalam satu tahun, agar saya masih bisa bertahan walau tidak mendapat pemasukan,” tutur Bill.

Namun sikap hematnya tersebut ternyata tidak menghalanginya untuk berbagi kepada sesama. Bersama sang istri, Melinda, ia sering menyumbangkan uangnya untuk program-program sosial di berbagai negara.

So, NextGeners. Mau kaya seperti Bill Gates? Kalau mau, yuk mulai hari ini kita coba ikuti kebiasaan-kebiasaan baik Beliau.

1 COMMENT