4 Kegiatan Selain Magang yang Penting Buat Karir Kamu Kedepannya!

0
71
Sumber: Berita Satu

Halo Nextgener’s, buat sebagian orang yang bercita-cita menjadi praktisi profesional di industri pastinya masa kuliah menjadi bagian penting. Sektor industri memang sangat luas, mulai dari perbankan dan manufaktur yang sangat lumrah bahkan hingga energi terbarukan yang jarang diketahui. Tapi, kira-kira apa ya yang perlu disiapkan semasa kuliah untuk memperlancar kita menggapai karir idaman?

Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan sekarang dan sangat membantumu memberikan pengalaman adalah magang. Betul magang atau internship dapat memberikan keterampilan industri dan mempercantik CV kamu saat melamar. Tapi, selain magang ada apa aja si?

Sertifikasi Profesi

Ilustrasi Sertifikasi, Sumber: HRD Spot

Bagi kamu yang sudah masuk semester atas, mengambil sertifikasi profesi bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Sertifikasi menunjukkan kredibilitas dari keterampilan kita pada profesi terkait karena sudah diakui. Tapi jangan salah, sertifikasi yang resmi biasanya dikeluarkan oleh BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi), namun beberapa Lembaga maupun asosiasi memiliki skema sertifikasi yang diakui. Misalnya Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI) yang mengadakan ujian untuk memperoleh pengakuan kemampuan kita sebagai aktuaris profesional.

Pelatihan/Courses

Ilustrasi Pelatihan, Sumber: MDI Tack

Selain belajar mata kuliah yang sudah diberikan kuliah, kamu bisa mengambil pelatihan ataupun courses di luar jurusan kamu. Hal ini sangat penting, karena pada era persaingan yang ketat dengan perubahan yang sangat cepat, kamu memerlukan minimal menguasai beberapa keterampilan umum yang dibutuhkan di Industri misal project management atau keterampilan Ms. Office. Kamu bisa ikut pelatihan ini lewat online seperti Coursera ataupun Udemy. Selain itu, saat ini Kemendikbud menawarkan program studi independen yang memberikan kamu pelatihan berstandar dan pastinya sangat berguna.

Organisasi/Kepanitiaan

Ilustrasi Organisasi, Sumber: Kompas.com

Bagi kamu yang berada di awal semester perkuliahan, bergabung dengan organisasi ataupun kepanitiaan menjadi pilihan yang sangat baik, namun perlu juga melihat kemampuan dan rencanamu ya. Organisasi banyak memberikan manfaat bila diikuti dengan baik, bukan hanya relasi yang meningkat. Pada saat kita diorganisasi kita belajar menangani masalah, berkoordinasi, ataupun bekerja dalam suatu tim untuk mencapai tujuan. Proses ini bisa menjadi simulasi kamu untuk dunia kerja nantinya.

Kegiatan Sosial

Ilustrasi Kegiatan Sosial, Sumber; Legit.ng

Banyak orang yang tidak menyadari pentingnya pengalaman kegiatan sosial seperti KKN (kuliah kerja nyata), community development, pengabdian kepada masyarakat, ataupun kegiatan sejenis. Saat ini, banyak perusahaan yang mulai masuk ke ranah sustainable company yang mewujudkan 17 topik SDGs. Kemampuan yang kita peroleh saat mengikuti kegiatan sosial bisa menjadi keunggulan kuat untuk perusahaan, khususnya merekrut orang-orang yang memiliki visi dan nilai yang sama.

Selain itu, ketika kita sudah pernah hidup langsung dengan masyarakat dan membantu menyelesaikan masalah masyarakat saat kegiatan sosial, kita sudah belajar menempatkan diri dengan lawan bicara kita. Kemampuan ini sangat penting dalam hal komunikasi di perusahaan.

Sekian 4 rekomendasi kegiatan yang dapat kamu ikuti untuk membantu jalan karir yang kamu tempuh. Jangan lupa tinggalkan komentar, like, dan bagikan informasi ini kepada teman-teman terdekatmu! (Jus).