3D Printer: Kecanggihan Teknologi Masa Kini

0
239

Pernahkah kamu membayangkan keberadaan printer pencetak mobil, sepatu dan barang lain yang kamu inginkan? Kali ini kita akan membahas kecanggihan 3D printer yang dapat menjawab imajinasimu.

Source: freepik.com

3D Printer adalah alat yang dapat mencetak objek dalam tiga dimensi dengan menggunakan bahan-bahan seperti plastik, logam, dan kayu. Kemunculan 3D printer beriringan dengan tuntutan kemajuan teknologi. Tuntutan penuangan ide dalam bentuk yang lebih nyata dan tidak hanya diatas kertas atau media dua dimensi lainnya. Teknologi ini mampu menjawabnya, dimana 3D printer akan menghasilkan objek-objek yang dapat berfungsi sebagai prototipe diberbagai industri manufaktur, perangkat medis, hingga pendidikan. Hal ini menunjukkan bahwa teknologi 3D printer memiliki potensi besar dalam mengubah cara kita menciptakan, memproduksi, dan menggunakan benda-benda di sekitar kita.

3D Printer STEM Prasetiya Mulya – Dokumentasi Pribadi

Di STEM Prasetiya Mulya sendiri, terdapat sejumlah alat cetak ini dengan berbagai dua jenis. Salah duanya dapat kamu lihat pada gambar diatas printer UV laser (kiri) dan printer cartesian (kanan). 3D printer sebelah kiri memanfaatkan UV laser dalam mencetak sedangkan sebelah kanan menggunakan teknik cetak sesuai koordinat kartesius. Alat cetak ini biasanya digunakan latihan mahasiswa STEM (STEMian) jurusan Product Design Engineering.

Aktivitas STEMian yang sedang mengoperasikan 3D Printer

Teknologi 3D printer ini memberikan banyak keuntungan dalam pengembangan pembelajaran STEM di dunia pendidikan. Dengan menggunakan 3D printer, mahasiswa dapat belajar dengan lebih efektif dan praktis dalam menciptakan objek-objek yang rumit. Selain itu, penggunaan printer 3D juga dapat membantu dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah dan berpikir kritis. Jika kamu ingin mencobanya, STEM Prasetiya Mulya membuka kesempatan untuk kamu yang siswa SMA ketika melakukan campus visit. Kami tunggu kehadiranmu sobat NextGener’s!