Terobosan Baru di Dunia Energi Terbarukan: Jalan Panel Surya Pertama di Dunia

0
500

*sumber gambar: http://www.livemint.com/

 

Hai NextGeners. Tahukah kalian bahwa solar panel (panel surya) tidak hanya digunakan sebagai penutup atap rumah kita saja? Baru-baru ini ada terobosan baru di sebuah kota di negara Perancis dalam penggunaan panel surya. Di kota tersebut panel surya digunakan sebagai alas jalan raya.

Jalan beralaskan panel surya pertama di dunia dibuka di Perancis di Tourouvre-au-Perche di Normandia. Jalan sepanjang 1 kilometer tersebut mampu menghasilkan cukup daya listrik untuk menghidupkan lampu-lampu jalan. Panel-panel surya tersebut dilapisi dengan resin berbasis silikon yang memungkinkannya untuk menahan beban berat kendaraan yang melewatinya.

Dalam dunia energi terbarukan beberapa tahun terakhir ini, penggunaan panel surya semakin populer. Hal tersebut dikarenakan biaya operasional penggunaan panel surya semakin murah, menjadikan biayanya bersaing dengan sumber energi tradisional.

Mungkin NextGeners punya ide lain dalam penggunaan panel surya? Yuk, tinggalkan komentar kalian di kolom yang ada di bagian bawah artikel ini.