TECHfest 2016 Universitas Prasetiya Mulya Day 1 – Fast and Furious Tracer

0
429

TECHfest 2016 adalah sebuah acara kompetisi berbasis sains dan teknologi yang diselenggarakan oleh School of Applied STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Universitas Prasetiya Mulya. Acara yang mengangkat tema Engineering Powers Your Future resmi dimulai pada hari Senin, 3 Oktober 2016 di Kampus BSD Universitas Prasetiya Mulya dengan pelaksanaan kompetisi robotic Fast and Furious Tracer.

Fast and Furious Tracer terinspirasi dari salah satu balap mobil terfavorit di dunia, yaitu Formula 1. Peserta yang terdiri dari 22 tim dari SMA/SMK/sederajat di sekitar Jabodetabek ditantang untuk membuat robot yang dapat melintasi trek yang sudah disediakan oleh panitia. Awalnya, mereka melakukan uji coba robot mereka di trek yang telah tersedia, melakukan preparation check dan memprogram robot yang sudah mereka persiapkan sebelumnya.

Setelah waktu persiapan berakhir, dimulailah Kompetisi Fast and Furious Tahap 1. Para peserta terlihat sangat tegang ketika robot mereka berusaha membaca sensor dan melintasi trek yang tersedia. Antusiasme peserta, guru pendamping, maupun para penonton dalam tahap ini sangat terlihat dari banyaknya teriakan gembira dan sorak sorai ketika sebuah robot berhasil sampai di garis finish.

Selanjutnya, di Tahap 2 yang merupakan tahap final diikuti oleh 10 tim. Trek dimodifikasi sedemikian rupa yang lebih sulit dilintasi oleh si robot seperti penambahan lorong dan tanda-tanda lainnya. Sementara itu tim yang tidak lolos ke tahap final mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Consolation Round Fast Track, yaitu adu cepat robot untuk melewati lintasan yang berupa garis lurus.

“Lomba Fast and Furious Tracer ini sangat menyenangkan, jurinya sangat friendly dan panitianya ramah. Banyak teman-teman peserta yang sudah memiliki banyak pengalaman di lomba Line Tracer sehingga menjadi pengalaman yang sangat menantang bagi kami. Jika di tahun depan ada kompetisi ini lagi, kami ingin ikut kembali dan semoga dibuat lebih menantang lagi”, Tim MAN 3A – MAN 3 Jakarta.

Rangkaian acara pada hari pertama ini ditutup dengan sesi Campus Tour dan juga pengumuman pemenang. Selamat bagi para pemenang dan sampai jumpa di TECHfest 2017!

 

THE WINNER OF FAST AND FURIOUS TRACER

Fast and Furious

  1. DPTR 3 MAN2 – MAN 2 Jakarta
  2. KBTECH – Kharisma Bangsa School
  3. MAN 3A – MAN 3 Jakarta

 

Fast Track

  1. Outermatrix 2 – MAN 4 Jakarta
  2. MAN 3C – MAN 3 Jakarta
  3. Outermatrix 1 – MAN 4 Jakarta