Taman Energi untuk Pembelajaran Modern

2
91

Suatu bentuk sarana pemenuhan energi tidak selamanya harus  menghasilkan energi listrik dengan tingkatan yang begitu besar. Tetapi membangun pembangkit multi hybrid yang bisa menghasilkan energi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, khususnya bidang pendidikan masa kini yang telah berpadu dengan sistem teknologi informasi dan komunikasi.

Dalam dunia pendidikan, listrik memang hal yang wajib dipenuhi, karena mengingat berbagai bentuk alat pendukung pendidikan merupakan sarana dengan sumber energi utama berupa listrik. Selain itu desain yang tepat juga merupakan hal utama yang mendasari dari pemenuhan pembelajaran masa kini.

Sebuah taman mungkin menjadi sebuah solusi, namun taman yang lebih dimaksudkan dalam kategori ini adalah taman energi ramah lingkungan, dari namanya cukup sederhana untuk mengartikannya. Sebuah desain taman yang terdiri atas pohon-pohon buatan yang memiliki fungsi ganda(dual function) yakni sebagai sarana pembelajaran sekaligus sebagai sumber pemnuhan energi.

Dalam hal desain, dapat dilihat dalam gambar sebelumnya, pohon buatan akan mengkonversi tiga jenis energi, yaitu energi dari air hujan, angin, dan matahari menjadi energi listrik yang nantinya digunakan dalam pemenuhan listrik untuk laptop, handphone, computer maupun sarana lainnya yang berguna dalam mengakses dunia pendidikan.

Karena pendidikan merupakan wujud dasar yang akan menjadikan suatu negara kompleks, mengapa tidak penuhi kebutuhan ini, karena nantinya bagaimanapun juga pendidikan merupakan sumber utama dari kemajuan suatu negara. Dan bagaimana cara memajukan dunia pendidikan tanpa mengesampingkan kondisi lingkungan, maka taman energi bisa direalisasikan untuk pemenuhan tersebut.

2 COMMENTS