Soal Matematika Viral Ini Bikin Heboh 3 Juta Orang – Bagian 2

1
1115

Teka-teki matematika ini diposting Randall Jones dari Colombus, Ohio, Amerika Serikat, di akun Facebook-nya beberapa waktu lalu dan sudah 3 juta orang lebih yang mencoba menjawabnya. Konon hanya 1 dari 1.000 orang yang memahami teka-teki ini dan suratkabar Inggris, Telegraph, perlu pula membahasnya.

Bahkan, matematikawan Presh Talwalkar mencoba menjelaskan pemecahan atas soal ini di Youtube. Talwalkar adalah penulis buku-buku mengenai matematika dan logika, seperti Math Puzzles Volume 1, 2, dan 3 serta 40 Paradoxes in Logic, Probability, and Game Theory dan The Best Mental Math Tricks.

Anda ingin mencoba memecahkannya juga? Inilah soal itu.

SOAL

1 + 4 = 5

2 + 5 = 12

3 + 6 = 21

8 + 11 = ?

Nah, apa jawaban dari “8 + 11”?

 bingung-memulai-usaha-apa-ini-solusinya

JAWABAN

Berapa jawaban Anda?

Ada sejumlah jawaban untuk soal ini. Dua di antaranya adalah 40 atau 96, seperti yang banyak dibahas netizen yang mengomentari postingan Randall.

Cara 1.

Perhitungan matematika dalam soal itu agak aneh: 2 + 5 sama dengan 12 dan 3 + 6 sama dengan 21. Jelas ini cara berhitung yang tidak lazim. Ada yang hilang di sini.

Tapi, karena mereka diurutkan, berarti ada suatu pola di sana, yang tidak tampak secara langsung oleh kita. Itulah yang perlu kita cari.

Salah satu pendekatan agar operasi matematika itu menjadi pola tertentu adalah membikin suatu rumus yang berlaku untuk semua operasinya.

Salah satu rumus itu adalah:

a + (a x b)

Jika a = 1 dan b = 4, maka: 1 + (1 x 4) = 5

Demikian seterusnya untuk baris-baris lainnya. Maka, kita menemukan urutan sebagai berikut:

1 + (1 x 4) = 5

2 + (2 x 5) = 12

3 + (3 x 6) = 21

8 + (8 x 11) = 96

Jadi, jawaban dari 8 + 11 adalah 96.

Cara 2.

Cara lain adalah mengandaikan ada suatu operasi matematika yang disebut “running total”, yakni perhitungan yang menyertakan hasil operasi sebelumnya ke operasi matematika berikutnya. Ringkasnya, hasil dalam perhitungan pertama ditambahkan ke perhitungan kedua. Hasil perhitungan kedua ditambahkan ke perhitungan ketiga dan seterusnya.

Maka, kita dapatkan urutan demikian:

    1 + 4 = 5
5 + 2 + 5 = 12
12 + 3 + 6 = 21
21 + 8 + 11 = 40

Jadi jawaban 8 + 11 adalah 40.

Tapi, tunggu dulu. Meski sekilas cara ini tampak benar, tapi terlihat tak ada pola dalam urutan data itu. Mungkin kita perlu memperbaiki cara menghitungnya dengan melihat polanya dulu.

Pertama, kalau diperhatikan, ada suatu pola pada kolom pertama, sehingga terlihat ada loncatan urutan setelah 1, 2, 3, langsung 8. Begitu juga dengan kolom kedua, ada loncatan setelah 4, 5, 6, lalu 11.

1 + 4 = 5
2 + 5 = 12
3 + 6 = 21
? + ? = ?
8 + 11 = ?

Kalau kekosongan itu kita isi, maka akan menjadi demikian:

1 + 4 = 5
2 + 5 = 12
3 + 6 = 21
4 + 7 = ?
5 + 8 = ?
6 + 9 = ?
7 + 10 = ?
8 + 11 = ?

Nah, polanya sudah benar, sekarang baru “running total” kita masukkan, sehingga kita dapat menghitungnya dan jadinya demikian:

    1 + 4 = 5
5 + 2 + 5 = 12
12 + 3 + 6 = 21
21 + 4 + 7 = 32
32 + 5 + 8 = 45
45 + 6 + 9 = 60
60 + 7 + 10 = 77
77 + 8 + 11 = 96

Jadi, dengan cara ini pun, 8 + 11 ternyata sama dengan 96 juga, sama dengan hasil dengan cara pertama di atas.

Nah, apakah hasil perhitunganmu sama atau ada cara lain? Silahkan bagi pengalamanmu di sini.

1 COMMENT

  1. Hmm, maaf ingin bertanya, kalau saya kan menggunakan cara kedua, kenapa seperti itu, karena pada soal saya tidak melihat keterangan bahwa pola tersebut berlanjut maksudnya 1,2,3 dan seterusnya, tapi pada soal terlihat setelah pola 3+6 adalah 8+11