NextGener’s Innovation Plan: Dwi Mahayasa

1
254

Hai NextGeners. Yuk, simak cerita salah seorang NextGener bernama Dwi Mahayasa (http://nextgen.web.id/profile/dwimahayasa) tentang alasannya memilih kuliah di program studi STEM sekaligus rencana inovasinya.

 

T: Mengapa Anda memilih S1 Energy Engineering/S1 Business Mathematics sebagai pilihan Anda?

J: Karena hobi saya di bidang ilmu fisika khususnya dalam konservasi energy dan matematika.

 

T: Apakah cita-cita Anda?

J: Saya memiliki cita-cita untuk menjadi seorang engineer di bidang ketenagalistrikan khususnya energi terbarukan.

 

T: Apakah hobi/kegiatan Anda di waktu luang?

J: Saya biasanya mengisi waktu luang dengan kegiatan berorganisasi seperti PMR dan kegiatan ekstra kurikuler seperti elektronika, bermain basket, bermain gitar, paduan suara dan marching band.

 

T: Terkait pilihan program studi, apa inovasi yang kamu rencanakan?

J: Terkait dengan program studi, saya merencanakan untuk memilih jurusan Energy Engineering untuk memperdalam pengetahuan saya di bidang ilmu fisika khususnya yang berhubungan dengan energi. Sehingga harapan saya suatu saat nanti adalah bisa menciptakan suatu sumber energi terbarukan yang bisa dimanfaatkan secara efektif dan tidak mencemari lingkungan, hal ini dikarenakan pembangkit listrik di Indonesia lebih dari 75% menggunakan fosil sebagai bahan bakar utamanya. Selain itu pemanfaatan energi alternatif seperti tenaga surya juga sulit mengalami perkembangan dikarenakan biaya pembangunannya yang lebih mahal dibandingkan dengan PLTU, sehingga para pengusaha dan investor lebih tertarik pada pembangunan PLTU dibandingkan PLTS maupun pembangkit lainnya. Sehingga melirik dari permasalahan di atas saya memiliki inovasi yakni menciptakan pembangkit listrik yang ramah lingkungan namun juga murah dalam pengoperasian agar bisa berjalan secara efektif dan kontinyu.

 

Punya kemiripan cerita dan rencana inovasi dengan Dwi Mahayasa? Yuk, wujudkan bersama-sama dengan bergabung di http://nextgen.web.id/stem