Mengapa Software Engineering

0
193

Mengapa Software Engineering?

Perkembangan zaman menuntut semua kegiatan manusia menjadi sangat efektif dan efisien (sangat mudah dan otomatis). Apapun bisnis prosesnya pasti membutuhkan Software Engineering (rekayasa perangkat lunak), dari kegiatan proses yang sangat kecil sampai kegiatan proses yang sangat besar.

Kegiatan proses yang sangat kecil itu misalnya adalah micro controller, semua alat bantu kehidupan sepertiĀ  lampu, AC, kulkas, jendela, menjadi terkoneksi dengan micro controller sehingga bisa menjadi Smart Room atau Smart Home yang bisa dikontrol dari jarak jauh, menjadi komponen dasar dari IoT (Internet of Things). Untuk merangkai dan mengaktifkan itu semua, dibutuhkan peran dari Software Engineering.

Begitu juga proses yang sangat besar yaitu Big Data, yang sesungguhnya dimulai dari Data Warehousing (DW), Data Mining (DM), Business Intelligent (BI) yang nantinya bisa untuk membantu dalam mengambil keputusan strategis melalui Decision Support System (DSS) dan divisualisasikan melalui Dashboard System (DS) dengan Executive Information System (EIS), yang semua itu adalah peran dari Software Engineering.

www.cahyanto.com